Cara Membaca Odometer pada Sepeda Motor yang Wajib Diketahui Pengendara

Cara Membaca Odometer pada Sepeda Motor yang Wajib Diketahui Pengendara

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:58
share

JAKARTA, iNews.id - Cara membaca odometer pada sepeda motor tidak terlalu sulit. Setiap motor pastinya akan dilengkapi dengan yang namanya odometer. Bagi yang asing, odometer letaknya bersebelahan dengan speedometer, tachometer dan informasi tangki bensin.

Untuk diketahui, odometer berfungsi sebagai petunjuk jumlah keseluruhan jarak yang telah ditempuh oleh motor. Odometer sangat penting sebagai patokan apakah motor sudah wajib diservis atau belum.

Selain itu, odometer berfungsi sebagai indikator pertimbangan saat membeli motor bekas. Odometer ini akan menunjukkan jarak yang sudah ditempuh oleh motor tersebut yang juga akan menentukan harganya.

Sayangnya, masih banyak yang belum bisa membaca odometer di motor. Hal ini tentu akan memengaruhi performa pada motor lantaran waktu servis motor menjadi tidak teratur.

Nah untuk membaca odometer dengan benar, simak ulasan berikut, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki, Sabtu (21/5/2022).

Odometer menggunakan satuan kilometer atau KM. Sebagai contoh, apabila kendaraan menunjukkan angka 20560 maka artinya kendaraan tersebut telah menempuh jarak 20.560 kilometer.

Nah, odometer memiliki angka terakhir yang akan berputar secara cepat seiring dengan kecepatan laju motor. Untuk angka terakhir ini, akan berputar per 100 meter.

Jadi, misal angkanya menunjukkan angka 5, itu berarti 500 meter. Putaran angka yang ada di odometer ini ditentukan oleh putaran ban yang dibaca oleh gigi nanas. Rata-rata odometer motor mempunyai capaian maksimal 99.999 km. Itulah beberapa pengetahuan cara membaca odometer pada sepeda motor.

Topik Menarik