Gaji Mekanik Bengkel Motor di Indonesia, Ini Daerah dengan Besaran Gaji Tertinggi

Gaji Mekanik Bengkel Motor di Indonesia, Ini Daerah dengan Besaran Gaji Tertinggi

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 18 Mei 2022 - 19:57
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagian orang mungkin penasaran dengan berapa gaji mekanik bengkel motor di Indonesia? Perlu diketahui bahwa tinggi rendahnya gaji mekanik sepeda motor di Indonesia sangat tergantung dimana dan berapa lama seorang bekerja.

Tak hanya itu, status kepegawaian seorang mekanik bengkel motor juga menentukan besaran gajinya. Estimasi gaji mekanik di Indonesia juga dapat ditentukan secara subjektif, tergantung dengan relasi yang dimiliki dan tingkatan skill atau keterampilan mekanik tersebut.

Sebagian mereka yang lulusan teknik mesin atau otomotif ringan biasanya akan ada penjaringan kerja dari produsen otomotif Jepang, Cina, bahkan Amerika Serikat. Namun, mereka akan menjadi mekanik atau operator mesin di pabrik dan terlibat dalam proses produksi.

Lantas bagaimana dengan mereka yang menjadi mekanik di bengkel? Dilansir dari berbagai sumber, iNews.id telah merangkum estimasi gaji mekanik sepeda motor di Indonesia, sebagai berikut.

Gaji Mekanik Bengkel Motor di Indonesia

Dikutip dari situs Gajimu, gaji mekanik bengkel motor di Indonesia adalah berkisar di angka Rp2.000.000-an hingga Rp5.000.000-an per bulan pada tahun 2022. Besaran gaji didapatkan dari survey kisaran rata-rata dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika seorang mekanik sepeda motor sudah bekerja selama 5 tahun atau lebih, maka estimasi pendapatannya bisa mencapai Rp3.000.000-an hingga Rp6.000.000-an per bulan. Angka tersebut berasal dari satu 40 jam kerja dalam satu minggu.

Namun sekali lagi, estimasi besaran gaji tersebut tetap tergantung dari berbagai variabel yang telah disebutkan sebelumnya. Misalnya saja masa kerja, relasi, tingkatan skill, hingga posisi atau status kepegawaian.

Angka tersebut tentunya juga lepas dari komisi atau uang di luar gaji yang mungkin diterima dari pelanggan sebagai tip atas layanan yang diberikan.

Sementara jika berdasarkan salah satu laman pencarian kerja, Indeed, gaji mekanik motor di Indonesia rata-rata adalah Rp3.060.740 per bulan pada tahun 2022. Jakarta dan Bekasi menjadi kota dengan gaji tertinggi untuk posisi mekanik bengkel motor dengan rata-rata gaji adalah Rp3,2 juta.

Topik Menarik