Penjualan Mobil China Anjlok Akibat Krisis Chip Semikonduktor

Penjualan Mobil China Anjlok Akibat Krisis Chip Semikonduktor

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 10:37
share

BEIJING Krisis chip semikonduktor di dunia membuat produksi terganggu, hal ini berimbas pada penjualan mobil China yang mengalami penurunan hingga 9,1 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut data dari Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM), penjualan keseluruhan di pasar mobil terbesar dunia mencapai 2,52 juta kendaraan pada November.

"Penerimaan konsumen terhadap kendaraan energi baru terus meningkat, Pasar telah bergeser dari didorong oleh kebijakan menjadi didorong oleh permintaan," kata juru bicara CAAM Chen Shihua seperti dilansir dari Reuters.

Sementara itu, penjualan kendaraan energi baru, yang meliputi kendaraan listrik bertenaga baterai (EV), mobil hibrida plug-in (PHEV) dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, mempertahankan momentum yang kuat, tumbuh 121 persen menjadi 450 ribu unit pada November didukung oleh upaya pemerintah untuk mengurangi polusi.

Tidak hanya itu, pembuat kendaraan listrik AS Tesla Inc menjual 52.859 kendaraan buatan China pada November, termasuk 21.127 untuk ekspor, kata Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA).

Bahkan, pembuat EV China Nio Inc menjual 10.878 mobil bulan lalu dan Xpeng Inc mengirimkan 15.613 kendaraan. Volkswagen AG mengatakan telah menjual lebih dari 14 ribu EV seri ID di China pada bulan November.

Namun secara keseluruhan penjualan November mengalahkan ekspektasi CAAM , dan menunjuk pada dampak penurunan harga bahan baku dan berkurangnya kekurangan listrik yang telah menghentikan produksi di banyak pabrik di bulan-bulan sebelumnya.

(wbs)

Topik Menarik