Mini John Cooper Works Yakin Siap Balap 24 Jam di Nurburgring

Mini John Cooper Works Yakin Siap Balap 24 Jam di Nurburgring

Otomotif | kabaroto.com | Jum'at, 13 Mei 2022 - 05:00
share

KabarOto.com - Mini John Cooper Works sedianya kan ikutan lagi balap ketahanan 24 jam Nurburgring 2022, setelah 10 tahun absen. Digawangi oleh tim private yakni Bulldog Racing yang sedianya ikut di kelas SP3T.

Tentunya balap ketahanan 24 jam Nurburgring 2022 akan meriah, sebab bertepatan dengan perayaan 50 kali digelar, akan dihajat pada 28-29 Mei. Bulldog Racing sudah siap sejak bulan September tahun lalu untuk ikuti balapan ini.



Dikabarkan bahwa tim ini bersama pembalapnya yakni Uwe Krumscheid, Jens Dralle, dan Danny Brink serta Markus Fischer bukan pemain baru. Total mereka sudah mengikuti 29 kali ikutan Eifel Endurance Classic, jam terbang mencatatkan 712.500 km.

"Tak sabar ingin melihat kemampuan Mini John Cooper Works di balap 24 jam tersebut dan berharap Bulldog Racing bisa raih kesuksesan. Bagi para penggemar, kami masih mengembangkan secara intensif konsep untuk John Cooper Works bertenaga listrik. Bagi brand John Cooper Works, konsistensi elektrifikasi di jajaran produk Mini merupakan perspektif baru," ujar Stefanie Wurst, Head of the MINI Brand.



Adapun Mini John Cooper Works berbasis mesin yang juga digunakan oleh John Cooper Works Clubman dan John Cooper Works Countryman. Instalasi empat silinder segaris 2.000 cc disokong oleh turbocharger, hadirkan tenaga 306 dk dan torsinya 450 Nm.

Menggunakan transmisi Steptronic 8 percepatan yang diambil dari seri terlaris, dipadukan mekanikal differential lock dengan locking effect hingga 70%. Memastikan sentakan torsinya dapat dikerahkan menjadi performa yang mengagumkan tanpa ada kehilangan momentum.



Agar siap di kelas SP3T Bulldog Racing telah mempersiapkan Mini John Cooper Works sesuai dengan regulasi FIA. Adanya racing cage yang khusus dikembangkan untuk mobil, kemudian tangki bahan bakar diperbanyak mampu menampung 100 liter.

Pendukung aerodinamika juga dipamerkan dengan sayap besar di belakang serta lips spoiler memastikan mobil tetap stabil menapak aspal. Ditambah diffuser dan splitter. Bobot juga dibuat ringan, jendela dipensiunkan gunakan material Makrolon.



Bagian redaman ke permukaan aspal juga disempurnakan, berupa suspensi spesial balap dengan adjustable rebound dan compression damping. Bearing gunakan produk Uniball. Tak ketinggalan pneumatic lifting disematkan untuk memudahkan penggantian ban dan reparasi.

Tetap menjadi kadar emisi gas buang, meski suara mobil menggoda adrenalin, tapi tetap disematkan catalytic converter khusus balap. Sistem pengereman andalkan dari produk asli BMW M Performance.

Topik Menarik