5 Penyakit Utama Karburator Motor, Begini Cara Mengatasinya

5 Penyakit Utama Karburator Motor, Begini Cara Mengatasinya

Otomotif | okezone | Kamis, 12 Mei 2022 - 13:10
share

KARBURATOR memiliki peran yang sangat penting bagi motor. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai tempat untuk mencampurkan bahan bakar serta udara sehingga menghasilkan tenaga penggerak.

Jika tidak dirawat dengan baik, maka bukan tidak mungkin karburator bisa saja bermasalah. Nah berikut ini adalah beberapa masalah umum yang kerap dijumpai pada karburator motor, dilansir dari berbagai sumber.

1. Karburator banjir

Masalah ini sering terjadi karena sistem pelampung tidak dapat menutup saluran bensin, akibatnya bensin meluber dari bagian sambungan selang. Karburator banjir sangat menjengkelkan, karena motor akan susah hidup.


Maka dari itu, penting untuk segera mencari tahu penyebab karburator banjir. Lakukan pembongkaran karburator agar masalah bisa dideteksi dengan tepat. Cek juga sistem pelampung supaya dapat bekerja seperti semula.

2. Setelan tidak pas

Karburator yang terus bekerja, seiring dengan berjalannya waktu setelannya dapat berubah. Setelan yang berubah ini bisa membuat pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Motor menjadi tidak bertenaga serta boros BBM.

Untuk itu secara rutin lakukan pengecekan karburator. Atur dua sekrup penyetel yang bentuknya kecil di karburator hingga kondisi putaran mesin atau langsam pas, tidak terlalu rendah tau tidak terlalu tinggi.

3. Bensin tidak turun

Saat motor didiamkan dalam waktu yang lama, biasanya terdapat masalah karena ada udara yang terjebak di dalam karburator, sehingga menyumbat aliran bensin. Ini menyebabkan motor sulit hidup.

Kalau sudah begini, segera lepas selang bensin yang masuk ke karburator, dan biarkan bensin mengucur sampai lancar. Setelah aliran bensin kembi normal, pasang kembali selang ke karburator dan coba nyalakan motor.

Topik Menarik