Cairan Penting di Mobil yang Wajib Dicek usai Mudik Lebaran

Cairan Penting di Mobil yang Wajib Dicek usai Mudik Lebaran

Otomotif | sindonews | Rabu, 11 Mei 2022 - 10:00
share

JAKARTA - Beberapa cairan penting yang ada di dalam mobil perlu diperiksa usai melakukan perjalanan jauh dan durasi tinggi seperti mudik Lebaran atau Idul Fitri. Jadi, jangan sampai ketika Anda telah sampai di tempat tujuan, mobil langsung dipaksa bekerja keras lagi.

Pasalnya perjalanan jarak jauh dan durasi tinggi tentu akan membuat mobil bekerja lebih tinggi dari biasanya. Logikanya mobil yang bekerja lebih keras tentu akan membuat kondisi mobil lebih banyak menggunakan cairan yang ada.

Apalagi jika mobil dihadapkan pada kondisi kemacetan ekstrem seperti yang terjadi di arus balik Lebaran tahun ini. Penguapan beberapa cairan penting yang ada di dalam mobil tentu akan terjadi.

"Misalnya oli mesin yang tidak memiliki sistem pendingin khusus sehingga kesulitan melepaskan panas yang berlebih saat macet parah. Sebagai benda cair, secara alami oli akan mengalami penguapan di suhu tinggi," tulis Auto2000 dalam keterangan resmi.

Nah, berikut ini cermati beberapa cairan yang memang perlu Anda periksa setelah memaksa mobil bekerja keras melakukan perjalanan jarak jauh. Yuk cermati!

1. Air Radiator

Cairan di mobil pertama yang wajib diperiksa usai melakukan perjalanan mudik adalah radiator. Mengecek air radiator bisa dikatakan wajib terutama bagi pemilik mobil yang melewati kemacetan parah. Seperti diketahui, air radiator berpotensi berkurang lebih banyak saat kendaraan terjebak macet.

Namun, terlepas dari apakah dari perjalanan jauh atau bukan, pemilik mobil hendaknya mengecek air radiator ini secara berkala sebelum berkurang banyak atau bahkan habis.

Jika didiamkan, mobil bisa mengalami overheat sewaktu-waktu saat digunakan.

2. Oli Mesin

Cairan kedua yang wajib diperiksa usai mobil dipakai mudik adalah oli mesin. Cek jumlah oli mesin dengan melihat indikator yang ada pada dipstick.

Untuk mengecek kondisinya, pemilik mobil bisa menarik dipstick tersebut ketika mesin sudah mencapai suhu kerja ideal. Apabila berkurang, masih bisa menambahkan sedikit dengan pelumas yang sama.

3. Minyak Rem

Macet panjang membuat kerja rem meningkat, apalagi kalau melintasi jalur menanjak juga. Terkadang minyak rem ini bisa berkurang untuk mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun.

Untuk itu sebaiknya minyak rem ini juga dicek secara berkala. Pastikan kampas rem pada mobil juga masih memiliki ketebalan yang baik agar performanya selalu optimal.

4. Oli Matic

Cairan dalam mobil yang perlu dicek usai digunakan pemilik mobil untuk mudik adalah oli matic. Ini sebenarnya jarang sekali berkurang, namun jika hal itu terjadi berarti bisa dipastikan ada kebocoran di bagian bawah transmisi.

Cek secara berkala oli transmisi pada mobil matic Anda. Oli matic yang masih dalam kondisi baik biasanya memiliki warna merah muda. Jika warnanya sudah tampak bening atau kehitaman, sebaiknya segera menggantinya dengan oli yang baru agar transmisi tetap terjaga.

Beberapa cairan yang ada di mobil tersebut bisa dicek setelah sampai di rumah usai melakukan perjalanan mudik. Jika ragu untuk melakukannya sendiri, sebaiknya langsung pergi ke bengkel langganan untuk memastikan semuanya bekerja normal.

Topik Menarik