Loading...
Loading…
Pentingnya Balancing Motor Agar Berkendara Tetap Aman

Pentingnya Balancing Motor Agar Berkendara Tetap Aman

Otomotif | okezone | Senin, 09 Mei 2022 - 07:04

SAMA seperti mobil, motor pun perlu untuk dibalancing agar memiliki titik keseimbangan yang tepat. Balancing sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara.

Motor yang lama tidak dilakukan balancing akan kehilangan keseimbangan saat berkendara. Selain itu juga setir bakal menjadi getar dan lebih berat dibanding dengan biasanya.

Balancing biasa dilakukan ketika jarak tempuh motor sudah menyentuh 10.000 km. Atau bisa juga setiap mengganti ban baru agar perputaran roda ban baru dan ban lama seimbang.

Waktu balancing juga memperhatikan penggunaan dan medan yang dilalui saat berkendara. Jika medan yang kerap dilalui lumayan sulit dan berbatu sebaiknya melakukan balancing lebih rutin.

Perbedaan antara balancing ban motor dengan ban mobil tidak jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada prosesnya, di mana balancing motor dilakukan dengan Static, sedangkan mobil dengan Dynamic.

Balancing dengan Static dilakukan dengan hanya memperhitungkan titik keseimbangan saja. Namun untuk balancing dengan Dynamic memperhitungkan lebar velg juga.

Original Source

Topik Menarik