Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Otomotif | kabaroto.com | Senin, 9 Mei 2022 - 05:30
share

KabarOto.com - AC atau pendingin udara, diperlukan pada sebuah mobil. Fitur ini untuk memberikan kesejukan penumpang dan pengemudi selama di kabin. Dengan begitu, hawa panas dari terik matahari, bisa ditangkal dengan AC.

Namun, pemilik kendaraan harus menjaga kondisi AC dengan merawatnya, agar hawa dingin yang keluar bisa maksimal. Dengan begitu kerusakan juga bisa diminimalisir.

Lalu, bagaimana langkah sederhana dalam merawat AC mobil?

Ruang kabin dingin, nyaman selama perjalanan

Endang dari Rio AC, yang terletak di pusat onderdil Pondok Cabe, Tangerang Selatan, menuturkan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat AC mobil. Langkah mudah dengan menjaga kebersihan condensor. Kemudian kebersihan evaporator juga harus dijaga, supaya udara yang keluar dari kipas tidak terhalang kotoran.

"Air filter AC bisa digunakan kalau perlu, ada juga mobil yang tidak dilengkapi air filter. Dan filter AC gunanya untuk mencegah cepat kotornya evaporator," tambahnya, beberapa waktu lalu.

Endang pun menyarankan, agar mengganti filter refrigeran secara rutin, atau biasa disebut juga dengan dryer. Ia juga menyatakan, saat mengganti filter, gas refrigeran ditambah juga.

Ia kembali menjelaskan, mengganti filter dapat juga mencegah keran ekspansi mampet, mencegah kompresor rusak.

Topik Menarik