Loading...
Loading…
5 Komponen Mobil Wajib Diperiksa Setelah Perjalanan Jauh Mudik Lebaran

5 Komponen Mobil Wajib Diperiksa Setelah Perjalanan Jauh Mudik Lebaran

Otomotif | inewsid | Minggu, 08 Mei 2022 - 14:40

JAKARTA, iNews.id - Mobil habis menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran perlu mendapat pemeriksaan. Ini sangat penting, mengingat saat menempuh perjalanan dengan berbagai kondisi medan dan macet mobil akan kelelahan.

Ada beberapa komponen yang wajib dilakukan pengecekan untuk mengetahui apakah masih dalan kondisi baik atau tidak. Jika ternyata kondisinya buruk, perlu dilakukan perbaikan atau penggantian komponen agar mobil tetap prima.

Berikut beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh mudik Lebaran.

1. Rem

Perjalanan yang jauh sudah tentu akan membuat masa pakai rem berkurang. Disarankan untuk mengecek seluruh sistem pengereman, baik kanvas, minyak hingga pedal. Untuk kanvas, perlu diganti jika ketebalannya sudah berkurang dari 1 milimeter.

2. Aki

Kinerja aki tentu akan semakin berat saat mobil diajak menempuh perjalanan jauh. Untuk itu perlu periksa kondisi dan pastikan kondisinya masih layak pakai. Memaksakan aki bekerja ekstra dalam kondisi buruk berisiko membuat mobil mogok.

3. Oli

Setelah perjalanan jauh, biasanya kualitas oli akan berkurang sehingga mesin kurang pelumas dan lama kelamaan akan aus. Untuk itu periksa kualitas oli apakah masih bagus atau tidak, jika warnanya sudah pekat sebaiknya segera ganti oli.

Baca Juga :
7 Ritual Penting Perlu Diperhatikan setelah Mobil Dipakai Mudik Lebaran

4. Kaki-kaki

Semakin sering digunakan, maka kaki-kaki mobil bekerja sangat keras. Beberapa komponen kaki-kaki mobil yang perlu diperhatikan, di antaranya tierod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Jika sudah aus, lakukan penggantian untuk menjaga kestabilan mobil.

5. Ban

Selain mengecek ketebalan ban, cek juga tekanannya, apakah masih sesuai standar atau tidak. Periksa pula apakah ada benjolan pada permukaan ban. Kalau perlu, lakukan juga spooring dan balancing ban agar kondisi mobil tetap stabil.

Original Source

Topik Menarik

{