5 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Selepas Mudik Lebaran

5 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Selepas Mudik Lebaran

Otomotif | kabaroto.com | Minggu, 8 Mei 2022 - 10:30
share

KabarOto.com - Bagi Sobat KabarOto yang menggunakan kendaraan pribadi, tentunya tidak salah untuk melakukan pengecekan ekstra setelah melakukan perjalanan jarak jauh.

Benny Fajarai selaku Co-Founder dari Lifepal, membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kondisi kendaraan pasca mudik lebaran usai.

1. Perhatikan kondisi kopling

Menurutnya, penyakit ini umumnya menimpa mobil bertransmisi manual. Jelas sekali bahwa masalah kopling merupakan masalah yang sering dialami pemudik. Kopling yang bermasalah umumnya disebabkan karena gaya berkendara si pengguna mobil.

Ketika jalanan macet, terutama di tanjakan, pengguna mobil terkadang malas menarik rem tangan dan menggunakan metode mengemudi setengah kopling dengan transmisi yang berada di gigi satu.

"Kebiasaan inilah yang membuat kopling cepat habis. Selain itu, kanvas kopling akan mengalami gesekan dengan berat antara flywheel dan dekrup atau cover clutch," ujarnya.

2. Pengikisan ban

Perjalanan jarak jauh sudah pasti sedikit banyak mempengaruhi kondisi ban. "Lakukan balancing dan wheel alignment di bengkel terpercaya. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengganti ban apabila kondisinya ban sudah tipis atau mulai gundul di tepi atau sisi tertentu," jelasnya.

Ia menambahkan agar tidak lupa mengecek tekanan angin ban. Selain tak nyaman digunakan, apabila ban kekurangan angin, ada potensi kendaraan bisa boros konsumsi bahan bakar.

3. Pengereman tidak maksimal

Bila mendengar ada suara yang tak wajar muncul saat mengerem, Sobat wajib mengeceknya. "Cek kolong mobil dan bagian kaki-kaki, pastikan cairan rem tidak bocor," imbuh Benny.

Jika masih ragu, lakukan pengecekan di bengkel dan cek level cairan rem mobil. Apabila berkurang drastis, segera cek bagian slangnya dan segera ganti dengan yang baru.

4. Aki soak

Menurutnya, komponen aki juga wajib diperiksa setelah perjalanan jauh. Karena kalau sudah rusak atau soak, mobil bisa mogok mendadak atau tidak bisa di-starter.

"Pengguna aki basah, jaga volume air aki dengan baik. Kerusakan bisa terjadi akibat air aki berada di bawah garis lower," jelasnya.

Bagi pengguna aki kering, Sobat bisa melakukan pengamatan lewat suara mobil ketika di-starter. "Apabila suaranya melemah dan tidak kuat mengangkat starter dibandingkan biasanya, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut," imbuh Benny.

5. Kondisi sokbreker

Bocornya suspensi atau sokbreker bisa diakibatkan karena gaya si pengemudi saat melewati jalanan yang rusak, muatan mobil yang lewat batas, atau penggunaan ban yang tak bagus. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang terhadap kondisi sokbreker setelah perjalanan jauh.

Dengan mewaspadai lima penyakit mobil yang kerap muncul usai mudik serta melakukan pengecekan ekstra, kita bisa menghindari kerugian yang lebih besar pada kendaraan, tutup Benny.

Topik Menarik