Cek Kondisi Gardan Mobil Sebelum Balik Mudik Lebaran

Cek Kondisi Gardan Mobil Sebelum Balik Mudik Lebaran

Otomotif | sindonews | Kamis, 5 Mei 2022 - 19:15
share

JAKARTA - Setelah mudik mobil yang digunakan perlu dilakukan pengecekan ulang, karena telah menempuh perjalanan jauh. Salah satu bagian mobil yang perlu di cek untuk persiapan balik mudik lebaran adalah gardan mobil.

Gardan mobil merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran penting pada mobil. Fungsi gardan mobil adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Bisa dikatakan, mobil tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya komponen ini.

Cara perawatan gardan sendiri sangat mudah, yaitu cukup mengganti oli secara rutin. Memang, karena letaknya yang di bawah kolong mobil, namun orang kerap beranggapan oli gardan jarang atau kecil sekali kemungkinannya mengalami aus sebelum waktunya.

Pemikiran seperti inilah yang bisa membuat kita lalai untuk melakukan perawatan. Untuk mengeceknya sendiri terdapat dua cara.

1. mendengarkan suara dari gardan saat mobil melaju

Dengan mematikan peranti audio yang ada di mobil. Kemudian buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila Anda mendengar ada suara gemerisik atau mendengung berarti ada permasalahan di gardan.

Suara itu diakibatkan oleh komponen yang ada di gardan mengalami gesekan hebat karena oli berkurang banyak atau bahkan habis. Namun, bisa juga dikarenakan jumlah oli masih cukup banyak namun sudah terlalu kental atau aus sehingga tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan.

Itu bisa terjadi dikarenakan oleh bakteri atau reaksi dengan zat-zat lain. Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi.

Bila Anda ingin melakukan antisipasi agar kejadian seperti itu tidak terjadi, ada baiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin. Maksimal saban mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Bila biasanya orang mengganti oli ini saat mengganti oli transmisi, sebaiknya tidak mengikuti kebiasaan itu. Artinya, meski oli transmisi bila saatnya ganti tetapi bila oli gardan telah harus ganti maka segera menggantinya.

2. Tetesan Oli di bawah Gardan

Kita juga sering melihat di bagian tutup gardan atau bagian lain ada rembesan atau tetesan oli. Sebaiknya Anda jangan meremehkan hal itu. Bila rembesan atau tetesan terjadi saban hari, lama-kelamaan oli gardan akan berkurang dalam jumlah yang cukup signifikan.

Pada akhirnya komponen yang ada di gardan kekurangan minyak pelumas. Bila hal itu terjadi, maka gardan tidak akan berfungsi secara maksimal. Namun, tetesan atau rembesan oli juga menjadi pertanda bahwa oli sudah basi atau haus sehingga unsur unsur pengikat molekul oli menurun drastis.

Bila oli sudah seperti itu, tidak akan berfungsi maksimal dalam melumasi komponen. Akibatnya, komponen juga cepat rusak atau tidak berfungsi maksimal. Saat ini tentunya banyak jenis dan merek oli gardan di pasaran.

Topik Menarik