Bedah Fitur Keyless Honda Vario Terbaru, Motor Tak Lagi Punya Lubang Kunci

Bedah Fitur Keyless Honda Vario Terbaru, Motor Tak Lagi Punya Lubang Kunci

Otomotif | inewsid | Selasa, 26 April 2022 - 07:03
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar motor matik menarik bedah fitur keyless Honda Vario terbaru. Melalui fitur ini skuter bermesin 160 cc tersebut tidak lagi memiliki lubang kunci yang sangat rawan dibobol maling.

Fitur keyless (smart key system)pada Honda Vario 160 terdiri atas tiga komponen, yakni remote, emergency key, dan ID tag. Setiap komponen memiliki fungsi masing-masing.

Remote berfungsi sebagai pemberi sinyal kepada motor, emergency key untuk membuka jok dalam keadaan darurat, lalu ID tag bisa digunakan untuk menyalakan motor ketika remote-nya hilang.

Untuk remote, bisa digunakan dalam jarak jangkauan pengoperasian radius 2 meter dari motor. Remote keyless memiliki fungsi utama menghidupkan mesin, membuka kunci kontak dan membuka kunci jok.

Remote juga memungkinkan pengguna membuka kunci setang kemudi, answer back system, dan juga mengaktifkan atau menonaktifkan alarm.

Untuk mengaktifkan alarm hanya perlu menekan satu kali tombol atas. Nantinya motor akan mengeluarkan bunyi "beep" yang artinya fitur alarm sudah aktif. Alarm motor akan bunyi jika digerakkan.

Bunyi alarm bisa distop dengan cara kembali menekan tombol atas sebanyak satu kali. Namun, jika ingin menonaktifkan alarm, bisa dengan menekan kontak atau bisa juga dengan memutar kontak ke on.

Remote juga bisa digunakan untuk volume answer back system. Caranya adalah dengan menekan kontak lalu tahan selama 4 detik sampai indikator berkedip. Kemudian kembali tekan kontak dan tekan tombol answer back system.

Volume answer back system bisa diatur mulai dari suara pelan, sedang dan kencang. Kalau sudah selesai tekan dan tahan kontak sampai indikator smart key mati.

Untuk komponen emergency key, bisa digunakan dengan membuka panel yang mengatur ada di samping kontak. Masukkan emergency key lalu putar, maka jok bisa terbuka meskipun tidak ada remote.

Kemudian untuk ID Tag bisa digunakan untuk menyalakan motor ketika remote-nya hilang. ID tag memiliki nomor rahasia yang tidak harus dicatat dan dijaga dengan baik, sehingga apabila dibutuhkan kode ID Tag dapat dengan mudah digunakan.

Topik Menarik