Kupas Habis Keistimewaan Mobil Balap Mini John Cooper Works 24h Nurburgring Race

Kupas Habis Keistimewaan Mobil Balap Mini John Cooper Works 24h Nurburgring Race

Otomotif | sindonews | Rabu, 20 April 2022 - 08:00
share

JAKARTA - MINI berupaya membuktikan sejarah mereka di dunia balap mobil dengan ikut serta di ajang balap 24h Nurburgring Race. Mobil istimewa telah mereka siapkan untuk bertarung di ajang balapan yang akan digelar pada 26-29 Mei 2022 nanti.

MINI memang memiliki sejarah yang sangat panjang di dunia motorsport. Pada 1962, mobil MINI yang dikendarai Pat Moss menjadi pemenang di ajang Tulip Rally 1962.

Prestasi itu jadi awal dari kesuksesan MINI di ajang balapan dunia. Selanjutnya mobil-mobil MINI pernah menang di Monte Carlo Rally tahun 1964 dengan pembalap Paddy Hopkirk, 1965 bersama Timo Makinen dan di 1967 bareng Rauno Aaltonen.

Kiprah MINI tidak hanya berhenti di masa-masa klasik. Di era moderen kejayaan MINI justru beralih ke trek lain yakni padang pasir seperti di Dakar Rally. Beberapa nama besar seperti Leonid Novitsky, Stephane Peterhansel, Nani Roma, Nasser Al-Attiyah, hingga Carlos Sainz Sr pernah menjadi juara Dakar Rally dengan mobil buatan MINI.

Tahun ini MINI juga berupaya membuktikan mobil mereka tidak hanya garang di sirkuit jalanan dan padang pasir tapi juga di sirkuit tertutup. Itu mengapa MINI kemudian ikut berpartisipasi di ajang 24h Nurburgring Race.

"24h Nurburgring Race akan membuat seluruh komponen yang ada di mobil dalam tekanan tinggi. Itu mengapa kami tertarik mengikuti ajang tersebut," tulis keterangan resmi MINI.

MINI sendiri sudah membuat mobil yang sangat siap untuk bertarung yakni MINI John Cooper Works 24h Nurburgring Race. Saat ini mobil sudah sangat siap untuk bertarung. Lalu, apa saja sih keistimewannya, yuk cermati:

1. Kapasitas Tangki Hingga 100 Liter

MINI John Cooper Works 24h Nurburgring Race akan balapan seharian. Untuk itu dibutuhkan kapasitas tangki yang lebih besar hingga 100 liter. Bobot yang lebih berat membuat mekanik MINI berupaya menggunakan material yang ringan.

2. Paket Aerodinamika Khusus

Dilihat dari tampilan luar, MINI John Cooper Works 24h Nurburgring Race punya tampilan istimewa di aerodinamika. Mulai dari sayap belakang yang bisa disesuaikan, difuser depan dan belakang khusus, hingga penutup bagian bawah mobil.

3. Suspensi dengan Bearing Khusus

4. Bobot yang Semakin Ringan

Bobot MINI John Cooper Works 24h Nurburgring Race mengalami penurunan. Hal itu terjadi karena penggunaan kaca mobil yang dibuat oleh Makrolon.

5. Knalpot Khusus

Agar performa semakin terdongkrak, knalpot yang digunakan di mobil ini menggunaan sistem katalis konverter yang khusus untuk balapan.

6. Racing Cage dari BMW

Agar lebih aman mobil ini dipasang racing cage di bagian dalam mobil. Seluruh racing cage merupakan buatan BMW M Performance.

Topik Menarik