4 Tips Mengemudi Saat Puasa yang Wajib Diketahui

4 Tips Mengemudi Saat Puasa yang Wajib Diketahui

Otomotif | okezone | Jum'at, 15 April 2022 - 06:06
share

SIMAK tips mengemudi saat puasa yang wajib diketahui. Melakukan aktivitas sehari-hari saat berpuasa bukanlah hal mudah terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Berpuasa selama belasan jam bisa menyebabkan gula darah rendah serta dehidrasi yang dapat membuat seseorang menjadi cepat merasa lelah dan mudah tersulut emosi.

Para pengguna kendaraan pun tentu harus menghindari kondisi ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan saat berkendara seperti kecelakaan dan semacamnya.

Saat berpuasa, para pengendara harus selalu waspada dan dalam mood yang baik agar tetap aman selama perjalanan sampai tempat tujuan.

Berikut tips mudah mengemudi saat puasa yang wajib diketahui bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu tips yang perlu dilakukan sebelum mengemudi saat berpuasa.

Perlu diketahui, meski sedang puasa, sebagian orang dengan mobilitas tinggi tetap mempunyai banyak kegiatan yang wajib dilakukan hampir setiap hari. Hal ini membuat pengemudi tidak memiliki waktu istirahat yang cukup.

Seperti diketahui sebelumnya, puasa dapat membuat seseorang cepat lelah dan emosi saat mengemudi. Diperlukan istirahat yang cukup agar tetap dalam mood baik setiap mengemudikan kendaraan meski sedang berpuasa sekali pun. Sehingga sebisa mungkin pengemudi istirahat seperti tidur minimal 7 jam setiap hari.

infografis

Lakukan Persiapan Sebelum Berkendara

Persiapan sebelum berkendara perlu dilakukan khususnya bagi pengguna kendaraan yang sering bepergian dalam jarak jauh. Terutama pengendara yang bepergian membawa anak kecil.

Salah satu yang harus dipersiapkan sebelum berkendara yakni membawa makanan dan minuman cukup untuk berbuka puasa di tengah perjalanan. Tidak sedikit anak kecil yang ingin memakan atau meminum sesuatu saat berkendara meski sedang puasa ataupun tidak.

Saat ingin berbuka puasa, pengemudi kendaraan bisa berhenti sejenak di pinggir jalan yang sepi dan dibolehkan untuk parkir.

Topik Menarik