6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara Ketika Mudik, Bisa Pakai Obat Tetes Mata

6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara Ketika Mudik, Bisa Pakai Obat Tetes Mata

Otomotif | okezone | Minggu, 10 April 2022 - 08:10
share

CARA menghilangkan kantuk saat berkendara saat mudik perlu diperhatikan bagi pemudik. Insiden kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya seseorang banyak disebabkan oleh rasa kantuk saat berkendara. Ada baiknya bila rasa itu muncul beristirahatlah untuk menghindari kecelakaan yang berakibat fatal.

Untuk itu, perhatikan hal-hal dari segi keamanan dan kenyamanan berkendara di malam hari. Karena jarak pandang Anda tidak leluasa, apalagi di jalan raya yang gelap.

Berikut cara menghilangkan kantuk saat berkendara saat mudik :

1. Pergi ke Rest Area dan Istirahat Sejenak

Jangan pernah menahan rasa kantuk, Anda perlu beristirahat dan tidur sejenak. Saat ini jalanan luar kota sudah dilengkapi dengan banyak rest area. Tempat parkir yang luas lengkap dengan restoran membuat Anda jadi lebih mudah beristirahat.

Ilustrasi

Anda bisa tidur selama 15 menit untuk menghilangkan kantuk. Namun jika ternyata rasa kantuk tidak hilang juga, maka jangan melanjutkan perjalanan. Anda bisa melakukan cara ini setiap dua jam sekali.

2. Jangan Minum Obat sebelum Berkendara

Jika harus berkendara saat tidak enak badan, sebaiknya jangan minum obat terlebih dahulu. Apalagi jika obat tersebut dapat memicu rasa ngantuk yang berlebihan.

Cek pada kemasan obat apakah terdapat peringatan setelah minum obat dilarang berkendara atau obat dapat menimbulkan kantuk. Apabila ada obat khusus dari dokter yang harus diminum dalam jam tertentu, sebaiknya jangan menyetir.

3. Mengajak Teman untuk Mengobrol

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang juga cukup efektif adalah mengajak teman. Menyetir sendiri akan menciptakan rasa kantuk yang berlebihan sehingga Anda.

Kehadiran orang lain di dalam mobil akan menjadi Anda lebih terjaga. Seorang teman dapat membuat Anda lebih aktif mengobrol atau mendengarkan. Anda pun tidak perlu merasa takut ketika tanda mengantuk mulai muncul.

Teman seperjalanan akan mengingatkan bahwa Anda sedang mengantuk dan menyarankan untuk menepi agar aman. Lebih baik lagi jika Anda dan teman bisa bergantian menyetir.

4. Mendengarkan Musik Up-Beat

Tidak memiliki teman dalam perjalanan? Anda bisa memanfaatkan musik. Dengarkan musik yang memiliki nada up beat demi melawan kantuk. Musik juga akan membuat tubuh Anda yang tegang karena mengantuk menjadi sedikit rileks.

Hindari untuk mendengarkan musik slow yang justru jadi pemicu kantuk. Anda tentunya bisa memilih musik kesukaan atau justru memilih musik baru agar tidak mudah bosan.

Topik Menarik