Seorang Warga Berhasil Membuat Pesawat Rakitan dari Mesin Sepeda Motor

Seorang Warga Berhasil Membuat Pesawat Rakitan dari Mesin Sepeda Motor

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 18:22
share

CIANJUR - Seorang pemilik bengkel di Cianjur, Jawa Barat, berhasil merakit pesawat terbang menggunakan peralatan sederhana. Kecintaan Ujang akan dunia elektro dan otomotif membuat pria lulusan sekolah dasar (SD) ini terus berinovasi membuat pesawat terbang rakitan ketiganya.

Pemilik bengkel di Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini berinovasi merakit pesawat terbang rakitan.

Mengandalkan pengetahuan dibidang elektro dan otomotif, pria berusia 42 tahun ini terus mencoba membuat pesawat terbang meski secara sederhana.

Sebelumnya dia telah merakit dua pesawat terbang. Kini ia kembali merakit pesawat terbang ketiganya dengan bahan dan peralatan sederhana.

Pesawat jenis ultra light berukuran panjang 5,2 meter meter dengan lebar sayap sepanjang delapan meter ini menggunakan dua mesin sepeda motor jenis Suzuki RGR seratus lima puluh cc yang dirakit menjadi satu dan menghasilkan tenaga tiga puluh horse power atau tenaga kuda dan memiliki satu putaran baling-baling di depan.

Untuk rangka pesawat dibuat dari pipa alumunium ringan. Sedangkan bagian sayap terbuat dari kain khusus yang sudah dilapisi cairan pernis untuk membuatnya tetap kuat dan fleksibel.

Topik Menarik