Hindari Kecelakaan, Ini 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol Saat Mudik

Hindari Kecelakaan, Ini 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol Saat Mudik

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 00:09
share

BERIKUT tips aman berkendara di jalan tol saat mudik. Bulan Ramadhan selain identik dengan puasa dan ibadah lainnya, juga identik dengan mudik.

Mudik sendiri dapat diartikan sebagai pulang kampung walau secara harfiah sebenarnya berasal dari kata udik = desa, sehingga arti mudik dapat diterjemahkan sebagai pulang kampung yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia menjelang perayaan Idul Fitri tiba.

Umumnya, para pemudik memilih moda transportasi darat, laut maupun udara. Bagi pemudik yang masih satu provinsi atau satu pulau biasanya lebih memilih lewat jalur darat lebih tepatnya lewat jalan tol. Kebanyakan pemudik beranggapan lewat jalan Tol dapat memudahkan mobilitas dan tentunya mempersingkat waktu.

Meski begitu, perjalanan panjang mudik lewat tol melalui jalur darat tetap memiliki risiko jika tidak berhati-hati. Perjalanan yang lurus-lurus saja dalam kecepatan tinggi membutuhkan konsentrasi penuh dan membuat pengemudi cepat lelah.

Kelelahan bisa memicu hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kecelakaan. Nah, supaya berkendara di jalan tol jarak jauh tetap aman, coba simak tips berikut:

infografis

Persiapkan kondisi mobil sebaik mungkin

Periksa fungsi setiap bagian mobil dengan baik untuk memastikan perjalanan aman. Cek bagian-bagian penting seperti rem, ban, air radiator, oli mesin, wiper, dan sebagainya. Pastikan semua berfungsi dengan baik.

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol, Anda membutuhkan kondisi yang prima dari mobil. Jangan sampai menyesal tidak mengecek kondisi mobil sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Isi bensin dengan penuh agar berkendara lancar sampai tujuan.

Tidur cukup sebelum perjalanan

Tubuh fit dan bugar sangat diperlukan untuk berkonsentrasi tinggi dalam berkendara. Usahakan tidur cukup sebelum memulai perjalanan panjang.

Jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika tubuh sedang tidak fit. Jangan lupa pula untuk mengisi perut sebelum berangkat. Bila perlu minum suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan.

Topik Menarik