Simak Cara Ganti Lampu Motor Jadi LED

Simak Cara Ganti Lampu Motor Jadi LED

Otomotif | okezone | Minggu, 3 April 2022 - 12:14
share

MOTOR keluaran baru saat ini sudah menggunakan lampu LED sebagai lampu bawaan. Hal ini pun membuat banyak riders yang kegandrungan dengan lampu yang mampu memberikan pencahayaan terang tersebut.

Motor dengan lampu bohlam sendiri bisa diganti dengan lampu LED. Kalian yang memiliki motor keluaran lama tak perlu khawatir ketinggalan tren karena penggantian bisa dilakukan dengan mudah dan bisa digarap sendiri di rumah.

Nah seperti apa langkah-langkah mengganti lampu motor bohlam menjadi LED? Untuk menjawabnya, simak paparan berikut ini.

Untuk menyematkan lampu LED pada motor dengan lampu bohlam pertama-tama harus memilih socket atau fitting yang sesuai dengan motor. Jika motor kalian bebek, bisa gunakan tipe H6 dan jika motor sport bisa gunakan tipe H4.

Lakukanlah pemasangan dengan mengikuti jalur peletakan mur yang sudah tersedia pada lampu LED. Jadi kalian hanya perlu mengaitkan dan mengencangkannya.

Setalah tahap pertama selesai, letakkanlah per di tempat lampu. Apabila sudah, lampu LED bisa dipasang pada reflektor layaknya memasang bohlam biasa.

Selanjutnya masuk ke sistem perkabelan, dan untuk tahap ini terbilang rumit. Pertama, perlu memotong fitting utama dan kabel pada lampu bawaan motor.

Setelah itu, lakukan penyambungan pada masing-masing kabel dengan kabel lampu LED yang akan dipasang. Kabel berwarna hijau artinya arus negatif, kabel berwarna biru merupakan lampu jauh, dan kabel berwarna putih untuk lampu dekat.

Pastikan tidak lupa untuk menutup setiap sambungan kabel-kabel tersebut menggunakan isolasi, agar potensi korslet bisa dihindari.

Topik Menarik