Loading...
Loading…
Lotus Eletre, Hyper-SUV Bertenaga Listrik

Lotus Eletre, Hyper-SUV Bertenaga Listrik

Otomotif | kabaroto.com | Rabu, 30 Maret 2022 - 10:00

Kabaroto.com Manufaktur sportscar asal Inggris sudah mulai menampilkan wujud Sport Utility Vehicle (SUV) pada penghujung Maret ini, diberi nama Lotus Eletre. Yup, mengusung teknologi baterai listrik, diklaim sebagai hyper-SUV.

Meski sebagai hyper-SUV, Lotus mengklaim bahwa pengalaman mereka selama 70 tahun dalam hal keunggulan pengendalian, pengendaraan, dan optimalisasi aerodinamika sudah menjadi paket di Eletre. Para desainer menggabungkan sports car Emira dan performa revolusioner mobil listrik Evija untuk menjadikan Eletre.

Selain sebagai hyper-SUV pertama, bagi Lotus merupakan kali pertama pula mengemas mobil dengan lima pintu masuk jalur produksi, serta punya teknologi connected. Keunggulan lain yang menjadi andalan adalah sistem penggerak empat roda.

Sebagai hyper-SUV bertenaga listrik, Lotus telah memasangkan baterai berkapasitas 100kWh dengan tenaga mulai dari 600 dk. Sistem pengisian ulang cepat 350kW, cukup butuhkan waktu 20 menit sudah bisa mengajak Eletre menempuh 400 km. Pengisian baterai penuh, jarak tempuh bisa mencapai 600 km. Adapun pengisian gunakan sumber AC 22kW dari listrik rumah juga bisa. Eletre mampu melesat hingga 260 kpj, sementara untuk melaju 0-100 kpj hanya perlukan waktu di bawah 3 detik.

Electric Premium Architecture (EPA) digunakan sebagai basis produksi Eletre dengan skateboard style berkekuatan 800v. Serta padukan arsitektur bermaterial aluminium dan high tensile steel untuk optimalkan kekakuan mobil. Perihal dimensinya, memiliki Panjang 5.103 mm, lebar 2.231 mm, dan tinggi 1.630 mm. Jarak sumburodanya 3.019 mm.

Dua motor listrik disematkan yang masing-masing memutar roda depan dan belakang. Diintegrasikan pula system gerak dengan tiga mode, untuk controller, reducer serta efficient, memungkinkan desainnya lebih kecil dan ringan, sebagai solusi Lotus.

Sedianya mobil listrik ini akan diproduksi di Wuhan, Tiongkok. Sedangkan para ahli yang tersebar di Tiongkok, Swedia, dan Jerman saling berbagi informasi untuk mengemas eksterior dan interior untuk diwujudkan oleh tim di Lotus Tech Creative Centre (LTCC) di Warwickshire, Inggris. Sementara itu, Light Detection and Ranging (LIDAR) menjadi teknologi pintar yang memberikan peningkatan kewaspadaan pengendara.

Bagi para peminat, sudah bisa melakukan pemesanan secara global di diler Lotus. Pengiriman perdana akan dilakukan pada tahun 2023 mulai dari Tiongkok, Inggris dan Eropa.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{