Cara Mudah Cek Sistem Pendingin Mesin Normal atau Tidak

Cara Mudah Cek Sistem Pendingin Mesin Normal atau Tidak

Otomotif | inewsid | Senin, 21 Maret 2022 - 12:03
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi yang memiliki masalah pada suhu mesin, ada cara mudah cek sistem pendingin mesin normal atau tidak. Apalagi sistem pendingin radiator adalah salah satu komponen penting pada kendaraan.

Dilansir iNews.id pada Kamis (3/10/2022), sistem pendingin berfungsi menjaga temperatur mesin stabil sehingga tidak terjadi overheat. Dalam sebuah sistem pendingin, air radiator akan dialirkan ke seluruh area mesin.

Penyebab overheat pada mesin diakibatkan masalah pada sistem pendingin mesin. Permasalahan pada sistem pendinginan beragam.

Di antaranya, karena aliran cairan pendingin tidak berjalan lancar. Bisa juga karena terjadi kebocoran pada saluran radiator yang mengakibatkan cairan pendingin berkurang.

Selain itu bisa jadi disebabkan karena thermostat rusak, water pump macet, ataupun tutup radiator tidak bekerja dengan baik.

Lantas bagaimana cara mudah untuk memastikan sistem pendingin mesin bekerja normal atau tidak? Berikut hal penting harus diperhatikan.

1. Hidupkan mesin mobil dalam kondisi stasioner tanpa menghidupkan AC atau sistem kelistrikan.

2. Tunggu sampai motor fan menyala.

3. Saat mesin mencapai suhu kerja ideal, normalnya motor fan pada mesin akan hidup.

4. Motor fan akan menyala saat suhu kerja mesin mencapai 98 derajat celcius.

5. Biasanya motor fan mati sendiri ketika suhu mesin 94 derajat celcius

6. Jika motor fan tidak mati, artinya sirkulasi radiator tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, mesin menjadi panas atau overheat. Biasanya akan muncul tanda simbol temperatur menyala di adometer.

Itulah cara mudah memastikan sistem pendingin mesin bekerja normal atau tidak. Pada tahap Anda bisa memeriksa water pump, thermostat, motor fan, hingga tutup radiator, apakah bekerja baik atau tidak.

Topik Menarik