Apakah Aki Kering Bisa Dicas? Simak Penjelasannya

Apakah Aki Kering Bisa Dicas? Simak Penjelasannya

Otomotif | okezone | Minggu, 27 Februari 2022 - 11:57
share

APAKAH aki kering bisa dicas? Pertanyaan semacam ini sering ditanyakan oleh sebagian orang. Seperti yang kita ketahui, umumnya terdapat dua jenis aki yaitu aki basah dan aki kering . Aki basah dikenal dapat dicas untuk mengisi ulang daya, namun bagaimana dengan aki kering?

Aki atau accumulator adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai sistem kelistrikan untuk mengsupply daya listrik pada kendaraan anda. Aki kering berbeda dengan aki basah. Jika aki basah menggunakan cairan, aki kering menggunakan gel untuk menghemat daya sehingga tidak perlu diisi ulang.

Nah, apakah aki kering bisa dicas? Berikut Okezone jelaskan untuk anda.

Apakah aki kering bisa dicas?

Masih banyak yang beranggapan bahwa aki di dalam mobil sama seperti baterai pada ponsel yang harus dicas jika dayanya habis. Tidak sepenuhnya salah, namun aki pada kendaraan itu bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 tahun tanpa harus anda cas.

Karena aki kering akan otomatis dicas di dalam mesin mobi ketika mobil tersebut dalam keadaan menyala atau sedang digunakan. Ada sebuah sistem di dalam mesin mobil yang disebut sistem pengisian yang mana berfungsi untuk mengubah energi mesin menjadi energi listrik lewat dinamo alternator yang kemudian akan digunakan untuk mengecas aki kendaraan yang anda pasang.

Topik Menarik