Jenis Custom Motor Ini Jadi Incaran Bikers, yang Mana Selera Anda?

Jenis Custom Motor Ini Jadi Incaran Bikers, yang Mana Selera Anda?

Otomotif | sindonews | Senin, 21 Februari 2022 - 19:17
share

JAKARTA - Beragam jenis custom motor terus mengalami perkembangan seiring dengan makin banyaknya ide dan model sepeda motor gede yang jadi patokan. Namun terdapat beberapa jenis custom motor yang diminati oleh para bikers.

Custom motor sendiri merupakan rancangan sepeda motor standar pabrik yang diubah sesuai dengan imajinasi serta karakter pengguna motor. Untuk itu, custom motor menggunakan part serta model kerangka sendiri.

Berikut jenis custom motor yang digemari oleh para bikers:

BACA: Ragam Modifikasi Motor Royald Enfield dari Berbagai Negara

1. Chopper

Ciri khas Chopper adalah bagian stang yang dibuat lebih tinggi, bagian jok yang rendah dan memiliki fork yang panjang. Pada penggunaan ban, besaran ring roda yang digunakan pada bagian depan lebih besar daripada bagian belakang.

2. Bobber

Boober merupakan salah satu jenis custom motor yang digemari. Tidak berbeda jauh dengan Chopper, namun Boober hadir terlebih dahulu ketimbang Chopper.

Awalnya, jenis motor custom Bobber hanya diperuntukkan bagi para pengendara Hogs atau Harley Davidson. Namun seiring berjalannya waktu, gaya yang satu ini mulai diadaptasi pada merek roda dua lainnya.

Tampilan motor bobber memang cukup khas; ia memiliki ciri fender depan yang dilepas, ukuran wheelbase yang cukup pendek, stang motor rendah, serta menggunakan jenis ban yang besar.

Bagian jok motor ini biasanya juga diubah menjadi single seater, agar menghasilkan ground clearance yang lebih rendah atau cepat.

3. Tracker

Sebagai jenis custom moor yang digemari, Tracker memiliki tampilan yang garang. Dia adalah kombinasi antara dua jenis motor, yaitu trial enduro dan motor jalanan. Kolaborasi itu membuat jenis Tracker dapat digunakan dual-pupropse

4. Street Cub

Modifikasi street cub umumnya mengadopsi stang flat dan pendek, serta menghilangkan spakbor depan dan belakang. Selain terlihat edgy, motor bergaya street cub juga nyaman untuk dikendarai.

5. Brat Style

Jenis custom motor ini identik dengan ban besar bermotif klasik pada bagian depan dan belakangnya, serta tangki chopper dan stang semi hanger.

Sekilas jenis bratstyle memang sangat mirip dengan model bobber. Meski begitu, pada dasarnya kata brat style sendiri diambil dari nama sebuah bengkel modifikasi yang berlokasi di Jepang

Nah itulah beberapa jenis custom motor yang digemari. Tertarik mencobanya?

Topik Menarik