Loading...
Loading…
Jangan Injak Pedal Gas, Ini Cara Atasi Rem Tak Berfungsi Saat Berkendara

Jangan Injak Pedal Gas, Ini Cara Atasi Rem Tak Berfungsi Saat Berkendara

Otomotif | okezone | Selasa, 01 Februari 2022 - 00:07

JAKARTA - Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi mengungkapkan, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan rem saat mobil digunakan, pengendara wajib melakukan pengecekan berkala.

"Di dalam paket pengecekan berkala, juga dilakukan pemeriksaan komponen rem. Selain itu, pengendara juga dapat melakukan beberapa kiat untuk menghindari kemungkinan rem tidak berfungsi secara normal ketika sedang berkendara," ungkap Haridi melansir Antara.

Kurangi Kecepatan Ketika Hujan atau Jalanan Basah

Ketika hujan atau jalanan basah, pengendara harus memperlambat laju kendaraan untuk menghindari penggunaan rem yang berlebih. Kondisi hujan atau jalanan basah juga dapat menyebabkan kendaraan tergelincir jika menggunakan kecepatan tinggi.

Hindari Mengerem Penuh di Jalan Menurun

Untuk menghindari mengerem penuh ketika jalanan menurun, gunakan trik Engine Brake untuk memperlambat kecepatan mobil dengan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Pengendara dapat menggunakan transmisi gigi rendah ketika melintasi jalanan menurun dan perpindahan dilakukan sebelum turunan tersebut. Gunakan gigi 1 untuk mobil transmisi manual, dan L, 2, atau 3 untuk mobil dengan transmisi otomatis.

infografis

Periksa lapisan ketebalan permukaan Ban

Kondisi ketebalan lapisan permukaan ban sangat berpengaruh terhadap hasil dari pengereman terutama pada kondisi jalan licin dan basah. Periksa secara rutin lapisan ketebalan ban terutama jika aktifitas pengereman sehari-hari dilakukan secara rutin.

Terus Memompa Rem

Langkah yang bisa dilakukan adalah terus memompa rem agar tekanannya kembali seperti sebelumnya. Namun, jika saat dipompa rem terasa berat atau kasar, mungkin terdapat sesuatu di bagian sistem rem. Segera kurangi laju mobil dan berhenti ke pinggir jalan untuk memeriksa bagian sistem rem.

Original Source

Topik Menarik