Penjualan Mobil Bekas Diperkirakan Tumbuh Hingga 3 Persen

Penjualan Mobil Bekas Diperkirakan Tumbuh Hingga 3 Persen

Otomotif | kabaroto.com | Kamis, 27 Januari 2022 - 13:30
share

KabarOto.com - Layanan jual beli mobil online memperkirakan pasar mobil bekas pada tahun ini akan bertumbuh 2-3% didorong oleh pulihnya industri otomotif dan perekonomian dalam negeri serta peningkatan pasokan.

Berdasarkan survei terkait Review Pasar Mobil Bekas 2021 dan Outlook 2022 yang dilakukan OLX Autos terhadap 1.121 responden (pembeli, penjual perorangan, dan diler rekanan) pada 23 November 2021 sampai dengan 17 Desember 2021, terlihat bahwa pasar mobil bekas pada tahun 2021 terus menunjukkan perbaikan dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Adapun, perbaikan kondisi tersebut seiring dengan tren positif kinerja penjualan mobil baru dan meningkatnya PDB per kapita Indonesia.

CEO OLX Group Indonesia Johnny Widodo mengatakan bahwa ada sejumlah tren konsumen yang terjadi pada 2021 sejalan dengan pemulihan perekonomian dan pasar mobil bekas di dalam negeri.

Mulai dari pendapatan dan mobilitas yang lebih tinggi, akses pembiayaan untuk membeli mobil yang lebih mudah. Hingga banyaknya masyarakat yang tetap menjadikan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama.

Kendati sempat ada penurunan permintaan akibat mewabahnya Covid-19 varian Delta pada tahun lalu, namun pasar bangkit kembali pada kuartal III/2021 hingga saat ini. Namun di sisi lain, kami juga mewaspadai perkembangan Covid-19 varian Omicron yang saat ini sedang mengalami peningkatan di Indonesia yang mungkin saja bisa mengubah arah pergerakan pemulihan yang kami prediksi berdasarkan riset kami ini, jelas Johnny.

Adapun, terkait dengan jenis mobil yang paling banyak diperdagangkan sepanjang 2021 adalah MPV dan SUV. Sementara itu, untuk merek mobil paling terpopuler dari berbagai jenis antara lain Toyota Avanza, Toyota Innova, Honda Brio, Honda Jazz, dan Honda CRV.

Topik Menarik