Perlukah Asuransi Mobil? Berikut Manfaat dari Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Perlukah Asuransi Mobil? Berikut Manfaat dari Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Otomotif | inewsid | Rabu, 26 Januari 2022 - 18:45
share

JAKARTA, iNews.id- Sekarang ini, kebanyakan pemilik kendaraan mobil berlomba-lomba untuk memiliki asuransi atas kendaraan mereka. Bukan tanpa alasan, kecelakaan bisa saja terjadi kapan saja. Asuransi akan mengganti rugi, membiayai kerusakan yang terjadi, hingga membiayai pengobatan akibat kecelakaan. Itulah yang akan Anda dapatkan dari asuransi. Dan ini semua dapat Anda dapatkan melalui layanan jasa oleh Traveloka. Bekerja sama dengan PT Asuransi Adira Dinamika, Traveloka memberikan jaminan asuransi atas kendaraan mobil.

Namun, mungkin saja beberapa orang menganggap asuransi masih belum perlu atau bahkan tidak perlu menggunakan asuransi. Nah, sebelum mengetahui lebih jauh mengenai asuransi, Anda perlu mengetahui apa saja yang akan Anda dapatkan dari asuransi kendaraan mobil ini. Berikut ini beberapa manfaat asuransi mobil yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Asuransi Secara Umum

Asuransi mobil hampir sama dengan asuransi kendaraan mobil. Manfaat yang diberikan pun hampir sama. Nah, secara umum, manfaat yang dapat Anda rasakan dari penggunaan asuransi, yaitu:

1. Memberikan Biaya Perbaikan

Manfaat yang paling umum dan tentu banyak orang ketahui adalah memberikan biaya perbaikan karena terjadi kerusakan atas kecelakaan. Biaya akan diberikan atas kasus kecelakaan, kerusakan karena perbuatan jahat, kebakaran, tenggelam, hingga saat berada di atas kapal. Perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan bengkel rekanan di berbagai wilayah di Indonesia dan yang perlu Anda penuhi hanya dokumen-dokumen asuransi.

2. Memberi Perlindungan dari Resiko Kecelakaan

Anda memang tidak dapat menghindari kerusakan sekecil apapun. Untuk itu, memberi proteksi sejak dini pada mobil Anda cukup penting. Ini akan berguna sekecil apapun kerusakan yang terjadi seperti goresan, benturan, dan semacamnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk perbaikannya.

3. Memberi Proteksi Akibat Kehilangan karena Pencurian

Asuransi juga dapat memberi jaminan saat mobil hilang karena pencurian. Jaminan ini berupa penggantian unit baru saat Anda melakukan klaim asuransi. Anda dapat menyertakan laporan kepolisian dan atau rekaman CCTV.

4. Merencanakan Keuangan dan Mengurangi Pengeluaran

Selain memberikan perlindungan, asuransi juga dapat membantu Anda untuk merencanakan keuangan. Hal ini seperti biaya-biaya darurat atas hal yang tidak terencana. Asuransi akan memberikan Anda keringanan terkait biaya ekstra saat Anda membutuhkan biaya perbaikan dan sejenisnya.

5. Memberi Rasa Tenang dan Aman

Mengapa memberi rasa tenang dan aman? Karena saat terjadi kerusakan, kehilangan atau kecelakaan, Anda tidak lagi merasa khawatir karena setiap kerugian akan diganti oleh asuransi. Anda tidak perlu lagi merasa cemas karena setiap penggantian, biaya, dan perbaikan akan ditanggung oleh polis asuransi.

6. Memberikan Manfaat Lebih dari Sekedar Produk Asuransi

Nah, ternyata selain asuransi untuk keselamatan mobil, Anda juga akan diberikan layanan asuransi jiwa sebagai pelengkap. Anda juga akan mendapatkan berbagai bonus seperti bonus e-toll, voucher bahan bakar, dan hadiah lainnya.

7. Bebas Biaya Pihak Ketiga dan Biaya Ekstra

Misalnya, saat terjadi kecelakaan tunggal maka hanya Anda yang akan membiayai kerusakan. Namun jika kecelakaan terjadi karena pihak lain, Anda tidak perlu lagi menanggung biaya kerusakan mobil lainnya. Karena asuransi akan menanggung biaya kerusakan mobil Anda dan mobil pihak lainnya. Selain itu, tidak ada nada biaya ekstra terlebih saat kerusakan terjadi disebabkan oleh bencana alam.

8. Sarana Investasi

Sarana investasi? Ya, perusahaan asuransi akan melindungi dan menjamin aset Anda, juga berfungsi sebagai tempat untuk menabung. Anda menabung biaya asuransi yang dapat ditarik atau digunakan di kemudian hari. Selain itu, akan menjaga harga pasar mobil Anda, karena apabila terjadi kerusakan akan menyebabkan turunnya harga jual.

Manfaat Asuransi Secara Khusus

Selain manfaat secara umum, terdapat juga manfaat secara khusus yang dapat Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Perlindungan mesin

Asuransi akan memberikan perlindungan mesin pada mobil Anda. Saat kendaraan Anda mengalami gangguan mesin atau butuh pergantian oli, asuransi dapat membantu Anda untuk melakukan penggantian dengan mudah. Anda hanya perlu ke bengkel rekanan untuk melakukan proses klaim asuransi.

2. Bebas biaya derek

Saat kendaraan Anda mengalami kecelakaan atau kerusakan yang mana Anda tidak dapat membawa mobil Anda ke bengkel, maka bengkel akan mengirimkan derek untuk membantu Anda. Di sini, asuransi memberikan bebas biaya atas derek tersebut.

3. Asuransi aksesoris tambahan

Nah, asuransi juga ternyata memberikan jaminan secara keseluruhan pada mobil. Tidak hanya body atau mesin, namun juga memberikan layanan asuransi terhadap aksesoris tambahan mobil. Anda tidak perlu khawatir jika aksesoris tambahan mobil Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau semacamnya, karena asuransi akan menjamin penggantian dan biaya perbaikannya.

4. Pengurusan 24 jam

Saat Anda akan melakukan klaim atau kerusakan, kehilangan atau kecelakaan parah tidak akan membutuhkan waktu banyak karena hanya dalam 24 jam mobil Anda akan segera diatasi dan ditangani oleh bengkel rekanan dan biayanya akan diurus oleh pihak asuransi.

Nah itulah manfaat yang perlu Anda ketahui terkait penggunaan asuransi mobil. Selain keutuhan mobil, harga mobil, dan perbaikan. Anda juga akan mendapatkan jaminan asuransi jiwa, asuransi aksesoris mobil, dan bebas biaya tambahan. CM

Topik Menarik