Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Otomotif | okezone | Rabu, 26 Januari 2022 - 00:50
share

JAKARTA - Saat ini banyak sepeda motor yang menggunakan ban tubeless karena diklaim lebih awet. Namun demikian, ada kalanya ban tubeless sering kempes.

Jika ban tubeless mengalami kempes, maka harus segera melakukan penambalan atau menggantinya dengan ban baru.

Melansir Auto2000, berikut beberapa penyebab ban tubeless sering kempes:

1. Tekanan Angin Memang Sudah Berkurang

Ban tubeless sering kempes salah satu faktornya dipengaruhi tekanan udara memang sudah berkurang. Hal ini biasa terjadi pada ban menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utama.

Udara bertekanan di dalam ban dapat menyusut atau memuai jika ada perubahan suhu. Ketika suhu panas, udara memuai. Sebaliknya, ketika suhu dingin maka udara menyusut. Mobil yang sudah lama tidak digunakan juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Akhirnya inilah yang membuat ban tubeless menjadi sering kempes.

Naik Mobil dari Jakarta ke Bandung, Segini Biaya Tarif Tolnya

Intip Koleksi Mobil dan Motor Erick Thohir, Menteri Terkaya di Kabinet Jokowi

2. Kondisi Pentil Ban Motor Rusak

Pentil ban motor yang terbuat dari karet dapat mengeras dan getas seiring berjalannya waktu. Hal ini menimbulkan keretakan di sekelilingnya. Udara yang ada di dalam ban menjadi keluar sehingga menyebabkan masalah kempes.

Permasalahan yang dimulai dari pentil ban juga bisa disebabkan karena tidak terpasang dengan baik. Padahal tutup pentil berfungsi untuk melindungi katun ban agar tidak terkena kotoran debu. Jika tidak tertutup dengan baik, akhirnya kotoran tersebut dapat masuk dan merusaknya.

Topik Menarik