Boeing Investasi Rp6,5 Triliun untuk Pengembangan Taksi Terbang Wisk

Boeing Investasi Rp6,5 Triliun untuk Pengembangan Taksi Terbang Wisk

Otomotif | sindonews | Selasa, 25 Januari 2022 - 20:36
share

PARIS - Boeing Co (BA.N) menginvestasikan lebih dari USD450 juta (Rp6,5 triliun) untuk mendukung pengembangan taksi terbang tanpa pilot di masa depan yang dikenal dengan Wisk Aero. Wisk yang berbasis di California, dimiliki oleh Boeing dan Kitty Hawk - perusahaan kendaraan udara yang diluncurkan oleh salah satu pendiri Google Larry Page.

"Pandangan kami adalah keuntungan strategis besar dari Wisk, langsung ke pesawat terbang sendiri, membangun prinsip-prinsip itu di setiap tingkat desain dan pengembangan," kata Chief Strategy Officer Boeing Marc Allen kepada Reuters, Selasa (25/1/2022).

Pengembangan generasi pesawat eVTOL oleh perusahaan rintisan independen dan beberapa kelompok kedirgantaraan ditargetkan beroperasi pada 2024. Namun, Boeing menolak memberikan detail kapan kendaraan penumpang generasi keenam Wisk dioperasikan.

Boeing mengatakan Wisk akan menjadi kendaraan pengangkut penumpang otonom pertama yang disertifikasi di Amerika Serikat. Dalam sebuah pernyataan, Wisk mengatakan investasi USD450 juta dari Boeing akan menjadikannya "salah satu perusahaan yang paling didanai dengan baik".

Analis mengatakan jadwal sertifikasi tetap menjadi sumber utama ketidakpastian seputar industri kendaraan otonom masa depan ini. Namun, Allen mengatakan, investasi Boeing di perusahaan Wisk dapat menghasilkan peningkatan yang dapat diterapkan di seluruh portofolio Boeing.

Topik Menarik