Vespa Matic Terendam Banjir? Hati-hati Jangan Langsung Dinyalakan

Vespa Matic Terendam Banjir? Hati-hati Jangan Langsung Dinyalakan

Otomotif | okezone | Jum'at, 21 Januari 2022 - 08:10
share

JAKARTA - Pemilik kendaraan matic harus bersiaga lebih ekstra untuk menjaga motor mereka pada saat kondisi banjir yang disebabkan oleh cuaca yang ekstrim seperti yang terjadi baru-baru ini di sebagian wilayah Indonesia.

Karena resiko air masuk ke dalam komponen penting di motor lebih besar ketika kondisinya terendam dibanding saat menerobos genangan Banjir. Jika air sudah masuk memasuki area mesin dan transmisi di Vespa matic sebaiknya pemilik tidak langsung menyalakan kendaraan mereka.

"Sehabis Vespa matic terendam Banjir, sebaiknya jangan langsung coba dinyalakan karena ada peluang terjadi water hammer di mesin," ungkap Founder dari Bengkel Scooter VIP, Dennil Sagita.

Dia juga mengatakan bahwa water hammer terjadi ketika ada air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi sehingga berakibat fatal hingga membuat mesin jebol.

Pimpin Segmen BEV Indonesia, Hyundai Siapkan Mobil Listrik IONIQ 5

Viral Sopir Ambulans Klaim Terjebak Macet hingga Pasien Meninggal, Ini Faktanya

Jika pemilik kendaraan tersebut ragu dengan apa yang sebaiknya dilakukan, disarankan agar Vespa segera dibawa ke bengkel terdekat baru setelah itu dibawa ke bengkel spesialis yang biasa melayani Vespa matic, intinya jangan menghidupkan stop kontak dahulu takut terjadi korsleting.

"Kalau di Bengkel kami biasanya tahapan langkah diagnosa awal yang kami lakukan di Vespa matic meliputi cek filter udara, cek transmisi CVT, cek oli mesin, cek oli gearbox, kondisi knalpot dan kelistrikan," kata dia.

"Nah untuk transmisi CVT akan dibuka untuk dibersihkan dan dilumasi kembali. Bakal rentan slip dan karatan kalau kotor," tambah dia.

Topik Menarik