3 Alasan Mengapa Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

3 Alasan Mengapa Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Otomotif | sindonews | Selasa, 18 Januari 2022 - 10:57
share

JAKARTA - Alarm mobil memiliki peran penting dalam aspek keamanan, misalnya saat mobil parkir di area umum. Ketika menekan tombol alarm, bunyi akan terdengar setelah turun dari mobil yang diparkir dan memberi kepastian bahwa kendaraan sudah terkunci dan aman.

Tapi dalam kondisi tertentu, bagaimana jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? Hal ini merepotkan, sehingga pengendara harus memastikan penguncian secara manual.

Ini Fungsi Hand Grip Pada Mobil, Yuk Simak!

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dioperasikan, mulai baterai habis hingga penyebab yang cukup serius. Nah, berikut penyebabnya:

1. Baterai pada central lock sudah habis

Para pemilik mobil umumnya jarang mengecek kondisi baterai pada remot. Pada suatu titik, baterai pun habis sehingga menjadi penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Alhasil, harus membuka dan menutup kunci mobil secara manual. Sebelum terjadi hal ini terjadi sebaiknya harus mengganti baterai dengan yang baru.

2. Alarm mobil dalam pengaturan valet mode

Valet mode berfungsi membuat alarm berada di mode senyap atau silent. Biasanya, mode valet di aktifkan ketika menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya.

Seperti yang diketahui, valet parking merupakan layanan yang disediakan mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil.

Caranya adalah dengan mematikan sistem alarm. Karena sistem alarm mati, maka lampu indikator dan bunyi alarm pun juga ikut mati saat tombol ditekan.

Jadi, jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci alias masih dalam silent mode, tapi indikator alarm menyala terus-terusan, ada kemungkinan mode valet sedang aktif.

3. Sistem alarm mobil mengalami kerusakan

Ada kerusakan pada sistem alarm mobil khususnya di module-nya. Sehingga, tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine.

Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci. Sementara apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control module tidak akan bisa membunyikan alarm karena sirine mati.

Solusi terbaik untuk masalah satu ini adalah dengan mengganti komponen module atau sirine alarm. Namun, sebelum itu, pemilik dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lainnya juga.

Sebab, bisa saja sistem yang mengalami kerusakan ternyata berasal dari hal-hal sepele, seperti tegangan baterai yang kurang, sekering rusak, atau sambungan kabelnya kurang tepat.

Topik Menarik