Sejarah Awal Mitsubishi Xpander di Indonesia, Bermula dari Riset Aliansi 3 Pabrikan Otomotif

Otomotif | kabaroto.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 13:26
Sejarah Awal Mitsubishi Xpander di Indonesia, Bermula dari Riset Aliansi 3 Pabrikan Otomotif

KabarOto.com - Jelang rilis Mitsubishi Xpander facelift, KabarOto coba mengulas awal dari kehadiran MPV berpenampilan modern ini ke pasar Tanah Air.

Mitsubishi Xpander ternyata punya sejarah menarik sebelum kehadirannya di 2017, awalnya pada 2016 PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan mobil penumpang konsepnya yang diberi nama Mitsubishi XM Concept.

Hingga akhirnya mobil ini menjalani debutnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, dengan adanya aliansi 3 merek kendaraan yakni Mitsubishi, Renault dan Nissan. Menguntungkan bagi kendaraan baru Mitsubishi ini, mengembangkan kendaraan terbaik berdasarkan riset dari pabrikan yang paling berpengalaman.

Tak seperti MPV lainnya, mobil produksi Mitsubishi ini sudah menggabungkan keunggulan MPV dan SUV. Penulis pernah berkesempatan melakukan pengetesan langsung Mitsubishi Xpander di Okazaki, Jepang, pada Juli 2017 silam, Xpander saat itu masih diselimuti cover kamuflase.

Penulis mencoba langsung Xpander di Jepang sebelum rilis di Indonesia

Mitsubishi XM Concept yang saat itu menjadi awal dari Xpander, menggendong desain dynamic shield. Lampu yang tidak ditempatkan di atas melainkan di bawah dengan bentuk kotak, sedangkan lampu kabut berada tepat di bawah gril. Bentuk desain ini mengingatkan akan penempatan lampu kabut pada Nissan Juke.

Bagian samping dipertegas dengan garis tajam memanjang dari bagian pintu depan hingga belakang. Membentuk sudut tegas yang mencermikan sebagai kendaraan modern masa kini. Bagian belakangnya dilengkapi dengan lampu yang memiliki desain unik, sama halnya seperti Mitsubishi Pajero Sport model lama. Penempatan lampu belakangnya terlihat tepat, membuat tampilan dari belakangnya kokoh.

Ini merupakan strategi desain dari pihak pabrikan Mitsubishi, menonjolkan kesan kuat dan kokoh pada kendaraan small MPV tersebut. Dibandingkan kompetitor lain dikelasnya, sepertinya desain Mitsubishi Xpander ini lebih futuristik dan bisa menarik perhatian.

Dibuat berdasarkan hasil riset, salah satunya ground clearance yang tinggi

Berdasarkan hasil survei konsumen di Indonesia, pihak Mitsubishi mengembangkan kendaraan ini. Berbagai pertimbangan masuk, guna menyempurnakan desain dan kegunaan pada kendaraan tersebut. Apalagi nantinya small MPV berarti harus memiliki kesesuaian dengan kondisi kontur jalanan Tanah Air.

Xpander mengadopsi perpaduan desain SUV dan MPV. Dikatakan mengadopsi unsur desain SUV, karena memiliki ground clearance tertinggi dikelasnya. Memberikan keunggulan sanggup melewati berbagai kondisi jalan. Termasuk genangan air yang kerap ditemui dijalanan ibukota saat kondisi hujan.

Layaknya sebuah SUV, tetap memberikan kenyamanan namun juga tangguh. Berkat desain suspensi barunya hasil riset Nissan yang memberikan kenyamanan tambahan saat melintasi jalan bergelombang atau rusak.

Mobil ini cukup nyaman untuk jalanan bergelombang dan rusak, dan memiliki handling yang baik dengan presisi setir seperti pada Pajero Sport, ungkap Rifat Sungkar selaku brand ambasador Mitsubishi yang pada saat itu ikut bersama penulis mencoba Xpander konsep di Jepang.

Karakter desain yang kuat polesan 3 pabrikan otomotif dunia

Melengkapi desain, layaknya kendaraan MPV daya muatnya hingga 7 penumpang, dengan 3 baris kursi. Dan tetap memiliki ruang bagasi, yang akan semakin luas dan lapang setelah kursi baris ketiga dan keduanya dilipat.

Sementara dapur pacunya mengandalkan mesin 4 silinder DOHC yang mengantongi teknologi Valve Timing Electronic Control (MIVEC), memiliki kapasitas 1.500 cc dengan 16 katup. Tenaga 104 dk pada putaran ke 6.000 rpm mampu mencapai titik torsi maksimal hingga 141 Nm setiap putaran 4.000 rpm.

Dilengkapi pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Sektor dapur pacu yang diusung mobil keluarga ini juga akan dibekali dengan layout penggerak roda depan atau Front Wheel Drive System (FWD).

Akhirnya Mitsubishi Xpander resmi diperkenalkan ke publik pada 24 Juli 2017 dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di GIIAS 2017. Kendaraan ini melantai di pasar Indonesia pada saat itu dengan harga Rp 189 juta hingga Rp 246 juta.

Saat ini karena kebutuhan pasar, Xpander bertransformasi menjadi Xpander Cross dengan model lebih gagah layalknya sebuah kendaraan SUV.

Artikel Asli