Kejutan, Dua Pabrikan Motor China Ramaikan Balapan Motor Dunia

Otomotif | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 09:27
Kejutan, Dua Pabrikan Motor China Ramaikan Balapan Motor Dunia

CHINA - Dua pabrikan motor China bakal meramaikan ajang balapan motor dunia, Moto3 tahun ini. Kedua produsen motor China itu adalah CFMoto dan QJ Motor. Menariknya keduanya tidak menggunakan motor buatan mereka untuk balapan.

Alih-alih keduanya akan menggunakan motor buatan KTM. Nantinya di ajang Moto3, perusahaan motor asal Austria itu akan menyediakan motor yang diperlukan yakni KTM RC250GP.

CFMoto dan QJ Motor nantinya diperkenankan untuk melakukan rebranding. Jadinya motor itu akan membawa logo perusahaan masing-masing.

Situs rideapart menyebutkan keduanya tidak akan melakukan riset dan pengembangan untuk memaksimalkan potensi motor balap mereka. Kehadiran kedua pabrikan motor China itudi Moto3 diduga sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness di industri sepeda motor dunia.

Di China sendiri CFMoto dan QJ Motor bukan perusahaan motor sembarangan. QJ Motor saat ini merupakan penjual motor terbesar di negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu.

QJ Motor bahkan memiliki merek Benelli. Melalui Benelli, QJ Motor berupaya meningkatkan posisi pasar mereka di industri sepeda motor Eropa.

Berbeda dengan QJ Motor, CFMoto justru terkenal dengan produk ATV. Jangan kaget di Indonesia, CFMoto justru sudah hadir melalui distributor MForce Indonesia.

Untuk balapan di Moto3, QJ Motor sendiri sudah mengumumkan nama-nama pebalap mereka. Dua lulusan sekolah balap Valentino Rossi atau VR Academy di Italia yakni Matteo Bertelle dan Elia Bartolini akan memperkuat QJ Motor. Sebaliknya CFMoto akan mengandalkan dua pembalap Spanyol, Xavier Artigas dan Carlos Tatay.

Artikel Asli