Touring di Masa Covid-19, Jaga Prokes dan Batasi Interaksi di Luar Rombongan

Otomotif | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 09:08
Touring di Masa Covid-19, Jaga Prokes dan Batasi Interaksi di Luar Rombongan

JAKARTA, iNews.id - Aktivitas masyarakat perlahan kembali normal. Tak terkecuali kegiatan otomotif seperti touring.

Salah satunya Royal Enfield yang menggelar Tour of Indonesia 2021 sekaih 1.500 km dengan rute Bandung-Bali. Namun, karena masih pandemi Covid-19 protokol kesehatan (prokes) ketat harus dijaga.

Hal tersebut disampaikan Business Head, Asia Pacific Markets at Royal Enfield, Vimal Sumbly. Dia mengingatkan kepada peserta untuk bertanggung jawab dengan menerapkan prokes selama touring.

Tour of Indonesia 2021 mengumpulkan puluhan pengendara Royal Enfield yang ingin menikmati pengalaman pure motorcycling sambil menciptakan standar baru perjalanan yang aman dan bertanggung jawab. Untuk memastikan keselamatan pengendara, protokol pencegahan Covid-19 diterapkan secara ketat di sepanjang perjalanan dari Bandung hingga Bali," ujarnya dalam keterangan pers dilansir Minggu (9/1/2022).

Dia menegaskan melakukan touring di tengah pandemi Covid-19 menuntut persiapan dan kehati-hatian ekstra untuk memastikan perjalanan aman. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya

1. Memiliki komitmen sama

Touring dalam group menuntut komitmen saling melindungi, baik saat berada di jalanan maupun off the bike. Dalam situasi pandemi Covid-19, mindset saling melindungi sesama rekan touring menjadi lebih penting dari sebelumnya. Mindset ini akan menjadi panduan para rider dalam bertindak, melindungi diri dari paparan virus Ciovid-19 yang juga berarti melindungi seluruh rekan dalam perjalanan.

2. Menjaga kebugaran tubuh

Kondisi tubuh yang prima adalah perisai terbaik melindungi diri dari virus dan penyakit. Saat berada dalam perjalanan jarak jauh, kebugaran tubuh menjadi syarat paling penting.

"Sebab itu, Anda wajib menjaga kebugaran tubuh. Tidur yang cukup, menjaga asupan makanan serta disiplin melakukan pemanasan ringan sebelum memulai perjalanan bisa membantu Anda menjaga kebugaran tubuh," kata Vimal.

3. Membatasi interaksi di luar romobongan

Memastikan seluruh peserta touring dalam keadaan sehat saat bergabung adalah protokol kesehatan yang pertama harus dilakukan. Dalam praktiknya, seluruh peserta Tour of Indonesia harus melewati pengecekan kesehatan dan test antigen sebelum bergabung bersama peserta lain.

Setelah semua peserta dipastikan sehat, menjadi tanggung jawab seluruh peserta touring untuk menjaga diri dan rekan perjalanan dengan cara membatasi interaksi dengan orang di luar rombongan.

4. Melengkapi diri dengan new normal starter kit

Penting untuk membawa perlengkapan sanitasi dan pelindung pribadi, seperti cairan pembersih tangan dan masker yang cukup sebagai perlindungan diri pertama.

5. Kepatuhan 3M

Protokol kesehatan yang mencegah penularan Covid-19 harus tetap dijalankan di mana kita berada, termasuk saat melakukan perjalanan. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah tindakan pencegahan mutlak untuk terus dijalankan.

Diketahui, Tour of Indonesia 2021 menempuh perjalanan sepanjang 1.500 km diikuti 40 pengendara Royal Enfield. Perjalanan 5 hari ini dimulai dari Bandung menuju Batukaras, Jawa Barat, kemudian menuju Yogyakarta, Malang, Bondowoso dan finis di Bali pada 20 November 2021.

Artikel Asli