Teknologi Smartec pada Ban untuk Cegah Ban Botak Tak Merata

Otomotif | kabaroto.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:46
Teknologi Smartec pada Ban untuk Cegah Ban Botak Tak Merata

KabarOto.com - Pengusaha maupun pengendara angkutan truk dan bus tentu ingin agar kendaraan serta komponen-komponen penunjangnya berada dalam kondisi prima saat digunakan. Seperti halnya ban, yang kerap punya masalah klasik soal keausan tidak merata.

Pengendara niaga yang baik, tentu sudah melakukan berbagai cara untuk menjaga keausan ban, antara lain mengecek tekanan angin dan komponen roda kendaraan secara rutin. Namun, terkadang keausan tidak rata pada ban pun masih bisa terjadi.

"Teknologi baru yang diaplikasikan pada ban sebenarnya juga dapat membantu meminimalisir risiko keausan ban tidak rata dan memperpanjang usia ban, ungkap Ahmad Juweni selaku National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT. Hankook Tire Sales Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Hankook menawarkan inovasi bagi kendaraan niaga dalam menghadapi keausan ban tidak merata, yaitu dengan menciptakan ban yang dilengkapi dengan teknologi Smartec.

Smartec klaimnya merupakan kombinasi teknologi dari lima kinerja utama ban, yaitu keamanan, jarak tempuh, anti-chip & cut, retreadability atau kemampuan ban untuk dilapisi dengan tapak baru, dan traksi.

Pihaknya memberi contoh di ban tipe AH31 SmartFlex yang klaimnya didesain untuk perjalanan jarak jauh di jalanan halus, beraspal, on road, serta bisa digunakan untuk segala posisi roda atau all-position tire.

Ban ini diklaim memiliki tapak dan bahu yang lebar demi mencapai usia ban yang lebih panjang dan kinerja handling baik di jalanan. Ban tersebut juga mengaplikasikan Multi 3-Dimensional Kerf yang memberikan traksi lebih baik, serta mengendalikan keausan yang tidak merata. Terdapat fitur Tread Wear Equalised Stepper (T.W.E.S) yang memastikan keausan merata di seluruh bagian ban sehingga menghasilkan umur pakai ban yang lebih panjang.

Seri AM09 SmartWork diklaim untuk digunakan di segala posisi serta kondisi jalan mixed on & off road. Ban ini memiliki pola directional dengan alur traksi zig-zag, sehingga menopang kinerja yang baik dalam kondisi jalanan basah dan kering, baik di aspal maupun tanah.

AM09 SmartWork klaimnya mampu memiliki umur tapak yang panjang berkat material senyawa kompon High Structure Carbon Black yang bermanfaat memperlambat tingkat keausan, serta desain simetris yang membantu meningkatkan pembagian tekanan pada ban di area tapak. Hasilnya, ketika kendaraan melakukan akselerasi, menikung dan mengerem, tekanan terhadap ban bisa tersebar merata dan menghindari keausan tidak merata pada permukaan ban.

Artikel Asli