Banyak yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Banyak yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Otomotif | limapagi.id | Rabu, 5 Januari 2022 - 19:30
share

LIMAPAGI - Banyak jenis mobil yang hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ada dua jenis mobil yang paling diminati yakni MPV dan SUV.

Sayangnya, tak sedikit orang yang belum paham perbedaan mobil berjenis SUV maupun MPV. Berikut Limapagi.id ulas rangkumannya dari laman Daihatsu Indonesia, Rabu, 5 Januari 2021.

SUV atau Sport Utility Vehicle adalah jenis mobil sport yang dirancang kuat dan tangguh di segala medan. Sementara MPV atau Multi Purpose Vehicle , desainnya disesuaikan dan dirancang untuk kebutuhan keluarga.

1. Dimensi Body
SUV didesain dan terlihat lebih tangguh karna memiliki ground clearance 200 mm. Sedangkan mobil MPV cenderung lebih elegan, sehingga pas dikendarai bersama keluarga.

2. Kapasitas Penumpang
Mobil MPV yang memang diperuntukkan sebagai kendaraan keluarga, jelas mampu mengangkut penumpang dan barang bawaan lebih banyak. Berbeda dengan SUV yang mengangkut penumpang dalam jumlah terbatas.

3. Kekuatan Mesin
SUV memiliki kapasitas mesin yaitu di atas 1.500 cc cocok melewati jalan off road. Sedangkan MPV dilengkapi mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc.

4. Bahan Bakar
SUV biasanya lebih boros karena kebutuhan tenaga untuk menerjang berbagai macam kondisi jalan. Sementara MPV dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

(Safa Azzura Lestari)

Topik Menarik