Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary Edition, Siap Dijajal di Sirkuit

Otomotif | kabaroto.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:52
Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary Edition, Siap Dijajal di Sirkuit

KabarOto.com - Honda CBR1000RR-R SPA 100th Anniversary meluncur untuk merayakan salah satu trek di Eropa yang kini berusia 100 tahun.

Motor yang dibuat khusus trek ini merupakan hasil garapan DG Sport ini sengaja dibuat untuk merayakan 100 tahun dari Circuit de Spa-Francorchamps yang merupakan salah satu trek balap ikonik di Belgia.

Secara tampilan, memang terlihat seperti motor versi produksi masal. Tetapi, semua perlengkapan telah dilepas. Artinya, tidak ada lampu, spion, dan sepatbor belakang beserta gantungan pelat nomor. Lalu, motor ini diserahkan kepada Mario Kupper yaitu spesialis motor balap yang terkenal untuk menghasilkan motor balap yang sempurna.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan Showa BPF 43 mm ini dikawinkan dengan monoshock belakang Ohlins TTX. Sistem pengereman ABS juga dilepas, semua selang rem dan master rem memakai produk dari Corsacorta.

Kupper juga mengubah sistem manajemen mesin dengan sistem tuning dari HRC. Sebuah sistem pembuangan dari Arrow yang mengurangi bobot dan menambah tenaga mesin.

Lalu, penggunaan ban slick dari Dunlop serta pelindung mesin dari GBRacing guna mengimbangi performa di trek dan melindungi bagian mesin motor.

Bicara soal harga, sayangnya pihak tuner belum menyinggung. Tetapi, diperkirakan akan menelan biaya lebih besar. Pasalnya, komponen yang di pasang di motor ini tidaklah murah. Untuk harga motornya sendiri sekitar USD28.500 atau setara Rp 405 jutaan untuk pasar Amerika Serikat dan untuk pasar Indonesia harganya sekitar Rp 1,1 miliar.

Emblem edisi terbatas
Artikel Asli