Tips agar Tetap Prima saat Berkendara dalam Kondisi Macet

Otomotif | limapagi.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 09:50
Tips agar Tetap Prima saat Berkendara dalam Kondisi Macet

LIMAPAGI - Menjelang perayaan tahun baru tak sedikit masyarakat yang merencanakan liburan bersama keluarga. Tentunya, banyaknya kendaraan yang memadati jalan.

Ketika berada dalam kondisi macet membuat pengemudi harus mempersiapkan banyak hal. Bukan hanya kondisi kendaraan, tetapi kondisi tubuh agar tetap prima.

Menurut pembalap Inggris Rebecca Jackson berkendara dengan jarak tempuh yang jauh dan macet dapat berpengaruh terhadap pengemudi.

"Pengemudi cenderung mengalami rasa sakit dan kaku di leher, bahu dan punggung serta ketegangan mata yang dapat menyebabkan sakit kepala dan pembengkakan di kaki bagian bawah," katanya, seperti dirangkum Limapagi.id dari laman Stuff, Senin, 27 Desember 2021.

Jackson membeberkan tips agar tetap prima saat berkendara.

Memegang bagian pintu
Pegang sesuatu di bagian pintu dapat mencegah pengendara mengantuk. Selain itu, bisa juga letakan tangan di pinggang dan mengangkat sedikit kaki kanan lalu putar pergelangan kaki perlahan searah jarum jam.

Peregangan kaki
Pengendara bisa meletakan kaki kanan di bemper depan mobil lalu luruskan kaki. Setelah itu membungkuk ke depan sejauh mungkin lalu sentuh jari kaki. Tahan beberapa detik untuk peregangan.

Latihan pinggang
Pengendara bisa berhenti sejenak untuk latihan pinggang. Caranya letakan tangan di samping dan tekuk lutut. Lalu, putar pinggang mengikuti gerakan tubuh dan lakukan selama 16 kali hitungan, ke kanan dan ke kiri.

Latihan leher
Pengendara juga bisa lakukan relaksasi pada leher. Caranya, putar perlahan kepala searah jarum jam sebanyak delapan putaran, lalu ubah arah tersebut dengan putaran yang sama agar tetap fit dan tak kaku saat berkendara.

 
Artikel Asli