Jalin Kerjasama, Mazda dan Suzuki Lahirkan Model Kei Car

Otomotif | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 17:10
Jalin Kerjasama, Mazda dan Suzuki Lahirkan Model Kei Car

LIMAPAGI - Kerjasama antar dua pabrikan mobil atau rebadge memang lumrah terjadi di dunia otomotif. Langkah ini diambil untuk memperluas jangkauan konsumen dari masing-masing pabrikan.

Sejumlah pabrikan mobil yang melakukan rebagde antara lain Toyota-Daihatsu, Mitsubishi-Renault-Nissan serta Toyota-Suzuki. Kali ini, Suzuki juga tengah berkolaborasi dengan Mazda.

Dilansir dari Carscoops, Minggu, 26 Desember 2021, kedua pabrikan asal Jepang ini tengah mengembangkan sebuah Kei Car bernama Mazda Carol. Desainnya mengadopsi Suzuki Alto yang lebih dulu diluncurkan.

Selain tampilannya yang serupa, kehadiran All New Carol mewarisi teknologi powertrain hybrid milik Alto. Diketahui, peraturan Kei Car di pasar Jepang memperbolehkan Carol menggunakan mesin berkapasitas hingga 660 cc.

Mesin tiga silinder tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal 48 hp yang kemudian disalurkan menuju roda depan atau all wheel drive dengan melewatu girboks CVT.

Sedangkan untuk versi Hybrid, ditambahkan generator starter terintegrasi (ISG) yang dapat melahirkan tenaga tambahan hingga 2,5 hp. Seluruh tenaga tersimpan dalam unit baterai lithium-ion.

Secara dimensi, Mazda Carol memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.525 mm dengan jarak sumbu roda 2.460 mm. Model ini tersedia dalam tiga varian, GL, Hybrid GS, dan Hybrid GX.

Meski tampilannya mungil, mobil ini sudah dilengkapi fitur keselamatan lengkap mulai dari6 Airbag yang dipadu sistem ADAS. Ditambah dengan sistem sensor anti tabrakan.

Sebagai informasi, rebadge Carol dan Alto ini sebenarnya sudah dimulai saat 1989 dan terus berlanjut hingga generasi-generasi berikutnya. Namun, kiprah Mazda Carol sendiri dimulai pada 1962.

Di zaman tersebut, Mazda menghadirkan Carol secara mandiri tanpa campur tangan pabrikan lain. Di generasi awal ini, Mazda mengenalkan dua Carol sekaligus yakni bermesin 360 cc dan 568 cc yang mana keduanya sudah disuntik mati pada 1970 dan 1964.

Artikel Asli