Cara Melihat Kadaluarsa Ban Mobil, Jangan Sampai Salah dan Bikin Kecewa

Otomotif | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 11:36
Cara Melihat Kadaluarsa Ban Mobil, Jangan Sampai Salah dan Bikin Kecewa

JAKARTA - Cara melihat kadaluarsa ban mobil perlu dilakukan dengan teliti. Jangan sampai salah melihat dan bikin Anda kecewa karena telah membeli ban yang tidak sesuai.

Saat ini memang banyak orang kurang begitu paham dalam membeli ban mobil. Apalagi ban-ban yang dijual saat ini hanya menyertakan informasi dalam bentuk kode-kode di dinding ban yang tidak semua orang paham.

Diketahui kode-kode yang ada pada dinding ban mobil merupakan informasi mengenai struktur ban, baik itu ukuran dan jenis penggunaan, tahun produksi dan masa kadaluarsa ban mobil.

Rifat Sungkar, pereli nasional dan penggiat safety riding dari Rifat Drive Labs (RDL) mengatakan ban kadaluarsa adalah ban yang sudah melewati batas waktu kerjanya.

"Untuk mengetahui sudah melewati batas waktu atau tidak usahakan memerhatikan tahun produksi. Biasanya tahun produksi ada di informasi ban dengan empat digit angka," jelas Rifat Sungkar.

Misalnya ban yang diproduksi pada 2020 minggu ke 29 maka akan menyertakan angka 2920 di dinding ban. Nah, untuk mengetahui ban sudah kadaluwarsa atau tidak adalah dengan menambahkan informasi tahun produksi ban itu dengan 3 atau 5. Pasalnya 3 atau 5 merupakan tahun penggunaan maksimal dari sebuah ban.

Misalnya ban dengan kodel 2920 tentu perlu Anda hindari jika membelinya pada tahun 2023 hingga 2025. Namun ban itu belum kadaluarsa jika dibeli tahun depan.

Hanya saja Rifat Sungkar menekankan ban kadaluwarsa bukan berarti ban jelek. "Dilematis memang karena teknologi ban juga sangat canggih sekarang. Jadi ban kadaluarsa bukan ban jelek juga," jelasnya.

Namun dari sisi ekonomi tentu sangat normal jika banyak orang ingin mendapatkan ban yang lebih baru ketimbang ban yang sudah hampir kadaluarsa. Apalagi saat ini harga ban mobil juga tidak tergolong murah.

Artikel Asli