Tips Bikin Mobil Irit Bensin saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Otomotif | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 11:05
Tips Bikin Mobil Irit Bensin saat Liburan Natal dan Tahun Baru

LIMAPAGI - Libur Natal dan Tahun Baru sering dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke lokasi wisata menggunakan mobil. Tujuan wisata yang didatangi biasanya berada di luar kota.

Lantaran jaraknya cukup jauh, sebaiknya selalu memperhatikan indikator bensin. Jangan sampai saat di tengah jalan tiba-tiba bensin habis dan lokasi SPBU masih jauh.

Berikut adalah tips membuat konsumsi bensin pada mobil jadi lebih irit yang dilansir dari Auto2000, Minggu, 26 Desember 2021.

1. Periksa Tekanan Udara Ban
Jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Ditambah dengan penumpang yang banyak, membuat bobotnya bertambah sehingga mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

2. Manajemen Perjalanan
Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui.

Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

3. Jaga Emosi di Mobil
Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, pengendara tidak bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas.

4. Mengemudi dengan Santai dan Halus
Selepas menyalakan mesin, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berjalan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.

Pastikan segala keperluan, seperti kartu tol digital, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan.

Berkendaralah dengan santai dan halus saat menginjak pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem.

Segera matikan mesin saat berhenti lama, seperti di mini market atau rest area jalan tol. Terlihat sepele, tapi kalau diakumulasi akan terasa keuntungannya.

5. Ganti Posisi Gigi Transmisi di Momen yang Tepat
Mobil bertransmisi otomatis lebih mudah dalam penggantian posisi gigi karena sudah diatur oleh sistem kendaraan. Pengemudi cukup berkendara dengan halus agar gigi pindah di putaran mesin rendah, biasanya sekitar 2.000 rpm.

Jika berkendara secara agresif dengan menekan pedal gas lebih dalam, gigi akan berpindah di putaran lebih tinggi sehingga menambah penggunaan bahan bakar.

6. Manfaatkan Fitur Eco Indicator
Pemilik kendaraan bisa memanfaatkan fitur ECO Indicator yang ada di panel instrumen mobil. Kalau berhasil berkendara irit bensin, maka lampu indikator berwarna hijau akan muncul.

7. Servis Berkala Secara Rutin
Servis berkala secara rutin di bengkel untuk mengembalikan performa mesin mobil supaya tetap bertenaga dan efisien. Termasuk memastikan komponen pendukung mobil dalam kondisi prima.

Artikel Asli