Hongqi LS7, SUV Supermewah Buatan China yang Tantang Rolls-Royce Cullinan

Otomotif | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:30
Hongqi LS7, SUV Supermewah Buatan China yang Tantang Rolls-Royce Cullinan

CHINA - Hongqi LS7 merupakan mobil SUV supermewah buatan China yang membidik popularitas SUV termahal di dunia Rolls-Royce Cullinan. Saat ini Rolls-Royce Cullinan memang ada di puncak SUV termahal setelah Bentley Bentayga, Lamborghini Urus, dan Mercedes-Maybach GLS dengan harga yang fantastis, USD410.575 atau setara Rp5,8 miliar.

Kini Hongqi LS7 justru berupaya menantang kemewahan Rolls-Royce Cullinan. Mobil SUV berukuran besar itu justru hadir dengan desain dan ukuran yang sangat fantastis. Namun, sedikit banyak tampilan desainnya seperti ingin membidik ketiga SUV supermewah itu sekaligus.

Wajah depannya mengingatkan banyak orang pada Rolls-Royce Cullinan. Hal itu terlihat dari grille khas Hongqi yang 10 tiang vertikal yang mengingatkan pada pantheon grille Rolls-Royce di Rolls-Royce Cullinan.

Begitu juga desain samping dan dimensinya yang mengingatkan pada Mercedes-Maybach GLS. Sementara itu, buritan mobil terlihat seperti Bentley Bentayga dengan atap belakang yang menukik dan bemper yang sangat dinamis.

Dari segi ukuran, Hongqi LS7 memang sangat masif. Situs Car News China malah mengklaim mobil buatan Hongqi itu merupakan SUV terbesar yang pernah dibuat di China. Ukurannya adalah panjang 5.695 milimeter, lebar 2.095 milimeter dan tinggi 1.985 milimeter. Wheelbase diklaim mencapai 3.309 milimeter.

Untuk daya angkut, mobil itu hadir dalam dua tawaran konfigurasi kursi yakni 6 kursi penumpang dan 8 kursi penumpang. Pilihan mesin cuma satu yakni mesin V8 dengan kapasitas silinder 4,0 liter plus turbo. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga 360 daya kuda dan top speed 200 kilometer per jam.

Saat ini Hongqi LS7 menurut China Mobil memiliki dua banderol harga yakni USD54.920 atau mencapai Rp776,7 juta dan USD72.190 yakni sama seperti Rp1,02 miliar. Harga yang kompetitif itu tentu akan sangat menarik jika dibandingkan dengan Rolls-Royce Cullinan dan kawan-kawan yang harganya sudah tembus di atas Rp2 miliar.

Artikel Asli