Begini Penjelasan Singkat Cara Kerja Dastek Unichip

Otomotif | kabaroto.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:04
Begini Penjelasan Singkat Cara Kerja Dastek Unichip

KabarOto.com Cara termudah membuat tenaga mobil meningkat. Salah satunya paling populer adalah menggunakan Dastek Unichip atau piggyback, guna memaksimalkan tenaga mesin standar.

Secara sederhana, pemasangan piggyback ini harus bersamaan dengan ECU standar. Karena tugasnya piggyback itu memanipulasi bacaan input dan output dari ECU.

Unichip Q4.

Kalau Dastek Q dan Q+ itu input dan ouputnya terbatas. Kalau Q4 atau terbarunya Unichip X itu sudah mendekati stand alone. Jadi kita bisa live tuning, lalu bisa mengatur seperti rev cut, speed cut dan lainnya, ujar Yuda Resigama Anggoro, punggawa bengkel AHT Garage.

Setting-an itu diatur oleh tuner yang meracik agar tenaga mobil bisa lebih besar, atau konsumsi BBM lebih irit, dan sebagainya sesuai yang diinginkan.

Modul Idrive.

Cara kerja piggyback itu kita akali sensor-sensor, supaya mengakali bacaan sensor input misalnya airflow, map sensor, pedal sensor, TPS (Throttle Position Sensor) dan lainnya, agar ECU standar termanipulasi, jadi tetap ECU standar yang kerja, jelas pria ramah itu.

Jadi semua sensor di mobil akan dimasukkan ke Dastek-nya terlebih dahulu, nanti Dasteknya akan memanipulasi data.

Sementara Idrive, itu mengatur injektor sehingga injektor sepenuhnya diatur oleh Idrive. Jadi tuner bisa paksa kerja injektor tanpa limiter lagi. Sementara ignitionnya, memanipulasi dari sensor crankshaft.

Selector bisa dipilih lima mapping.

Menggunakan piggyback Dastek Unichip, alat ini menyediakan lima pilihan mapping, jadi karakter mobil bisa ditentukan misalnya mau diatur irit, normal, atau performa. Serta pilihan bahan bakar misalnya setting-an nomor satu untuk paling irit menggunakan BBM oktan 92, sementara nomor lima adalah model paling bertenaga mobil memakai BBM oktan 95 keatas.

Artikel Asli