Loading...
Loading…
Bagian-bagian Mobil yang Rawan Rusak jika Terkena Abu Vulkanik

Bagian-bagian Mobil yang Rawan Rusak jika Terkena Abu Vulkanik

Otomotif | limapagi.id | Kamis, 16 Desember 2021 - 09:45

LIMAPAGI - Bencana alam menyelimuti berbagai wilayah di Indonesia mulai dari banjir hingga erupsi gunung. Belum lama ini Gunung Semeru mengalami erupsi dan membuat hujan vulkanik.

Tentunya, hal ini akan membawa dampak pada kendaraan. Sebab, hujan vulkanik terdapat kandungan pasir kuarsa yang sangat tinggi dan bersifat asam.

"Abu vulkanik gunung berapi bisa menimbulkan efek negatif pada komponen mobil karena mengandung pasir kuarsa yang tajam dan bersifat asam," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Rabu, 15 Desember 2021.

Bahayanya jika terkena kendaraan, bisa menyebabkan karat. Lantas apa saja komponen mobil yang wajib diwaspadai jika terkena abu vulkanik? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kaca Mobil Abu vulkanik bisa menempel di kaca kendaraan. Untuk itu, tidak disarankan membersihkan dengan wiper karena bisa membuat goresan.

Bagi pengendara yang mengalami hal serupa disarankan untuk menyemprotkan kaca dengan air sebelum wiper dioperasikan.

2. Bodi Mobil Bodi mobil salah satu yang mudah terdampak abu vulkanik, apalagi ketika mobil berada di ruangan terbuka. Jika ini terjadi segera membilas bodi mobil menggunakan air mengalir.

Baca Juga :
Cerita Warga Terdampak Erupsi Semeru, Huda Sedih Uang Tabungannya Terpendam Abu Vulkanik

3. Filter Udara Mesin Filter merupakan komponen penting kendaraan yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam mesin. Abu vulkanik berpotensi masuk ke dalam filter dan menyusup ke mesin.

Untuk itu, wajib merawat filter udara secara rutin agar tidak memicu masalah kesehatan mesin yang lebih serius.

4. Sistem AC Mobil Jangan membuka kaca mobil saat melintasi kawasan yang terdampak abu vulkanik. Pasalnya, debu akan masuk ke dalam sistem sirkulasi AC mobil serta menyumbat dan berpotensi merusak beberapa komponennya.

5. Perangkat Rem Mobil Abu akan menempel di piringan rem dan menjadi masalah ketika kampas menekan. Jika dibiarkan bakal membuat permukaan cakram rem baret.

Sama situasinya ketika abu berhasil menyusup masuk ke dalam teromol rem. Gesekan dengan kampas rem akan membuat permukaan teromol rem tergores, bahkan membuatnya macet dan merusak.

6. Cairan Mobil Meski bagian ini dalam kondisi tertutup, tetap saja ada potensi abu vulkanik masuk ke dalam perangkat mobil, termasuk cairan tabung minyak rem atau air radiator. Begitu tercampur, formula kimia di dalam cairan berpotensi rusak dan membuatnya tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga :
Tragis! Tabrak Besi Pembatas Jalan, Mobil Tertusuk Seperti Sate, Penumpang Tewas di Tempat

7. Sensor-sensor Kendaraan Komponen lain yang bisa menimbulkan masalah jika terkena abu vulkanik adalah sensor-sensor elektronik mobil. Bahkan bisa membuat malfungsi seperti sensor pada sistem pengereman mobil yang rusak dan membuat fitur ABS tidak dapat bekerja dengan baik.

Original Source

Topik Menarik

{
{