Tips Membersihkan Kendaraan Pasca Terdampak Erupsi Gunung

Otomotif | limapagi.id | Published at Selasa, 07 Desember 2021 - 10:20
Tips Membersihkan Kendaraan Pasca Terdampak Erupsi Gunung

LIMAPAGI - Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyebabkan beberapa kerugian bagi masyarakat setempat, baik kerusakan rumah hingga kendaraan.

Tak hanya rumah yang diselimuti oleh debu, beberapa kendaraan juga mengalami hal serupa. Dalam hal ini penting bagi pengendara untuk membersihkan kendaraan yang tertutup debu dengan cara yang benar.

Sony Susmana pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), membeberkan tips memberikan kendaraan dari debu erupsi.

"Kalau membersihkan debu erupsi pada body kendaraan itu yang pertama disiram dengan air untuk melunturkan debu yang menempel," katanya saat dihubungi Limapagi.id, Minggu 5 Desember 2021.

Mobil yang tertutup debu tebal memungkinkan akan menimbulkan masalah pada body mobil. Seperti munculnya goresan ketika tak tahu membersihkannya dengan benar.

"Karena debu erupsi mengeras, setelah di siram bisa basuh dengan lap yang halus supaya tidak menimbulkan baret," tambahnya.

Selanjutnya, ia menyarankan untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa dengan cara membungkus kendaraan.

"Untuk tindakan antisipasi berikutnya bisa bungkus kendaraan dengan penutup agar debu yang menempel tidak menumpuk," tungkasnya.

 
Artikel Asli