Shell V-Power 95 Imbangi Tuntutan Mesin Toyota Raize

Otomotif | kabaroto.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:22
Shell V-Power 95 Imbangi Tuntutan Mesin Toyota Raize

KabarOto.com Teknologi mesin mobil atau motor masa kini kian menuntut bahan bakar berkualitas. Tentunya perlu ketepatan dalam pemilihan bensin yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Apalagi saat ini banyak mesin berkapasitas kecil untuk mendapatkan efisiensi, tapi sudah disematkan turbo guna memperoleh performa lebih baik.

Paling anyar saat tim KabarOto melakukan program Chasing the SunRaize, yang menguji small SUV terbaru Toyota Raize, mencari sunrise di pulau Bali. SUV ini dipilih karena punya spesifikasi mesin terkini, berkapasitas kecil demi efisiensi, namun masih ada turbo demi mencari tenaga maksimal.

Sebab, tidak tepatnya pemilihan BBM tentunya berdampak pada kian borosnya penggunaan bahan bakar dan efeknya menurun performa akibat getaran mesin berlebih atau terjadinya knocking, serta membuat emisi gas buang menjadi berlebih. Pemakaian jangka panjang tentunya berpengaruh terhadap usia mesin.

Kecocokan RON dan Mesin

Konsumen saat ini sudah banyak mengetahui fungsi oktan untuk mengimbangi kompresi mesin kendaraan. Semakin tinggi nilai oktan, BBM akan semakin cepat terbakar ketika percikan api busi menyala di ruang pembakaran, saat proses kompresi pencampuran udara dan bahan bakar.

Hal tersebut berdampak pada semakin responsif dan halusnya suara mesin, selain itu suhu mesin lebih cepat panas ketika mulai beraktivitas di pagi hari. Efisiensi bahan bakar tentunya bisa lebih baik, akibat suhu mesin lebih cepat ke suhu optimal.

Mesin saat ini berteknologi tinggi, tentunya perlu bahan bakar berkualitas yang menyajikan performa, sekaligus memberikan efisiensi dan minim gas buang. Shell V-Power beroktan 95 mampu menjawab akan kebutuhan mesin tersebut. Diklaim membantu mengurangi hingga 80% endapan di ruang bakar dan meningkatkan performa.

Toyota Raize GR Sport dipilih karena menggunakan mesin 1KR-VET, berkonfigurasi 3 silinder dengan kapasitas 998 cc, plus turbocharger. Mesin ini perlu BBM mumpuni, sesuai standarnya butuh BBM dengan nilai oktan minimal RON 92, agar hadirkan performa terbaik yang diharapkan penggunanya, selain itu tetap efisien dan lebih ramah lingkungan.

Maka dari itu, tim redaksi memilih Shell V-Power beroktan 95 demi optimalisasi ruang bakar di Raize GR Sport. Tujuannya, agar mengerahkan sepenuhnya tenaga 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak menembus 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Fungsi Teknologi Dynaflex

Shell juga telah melakukan pengetesan, adanya molekul pengurang gesekan memperkecil energi yang terbuang akibat panas. Ditambah teknologi inovatif berupa Dynaflex, mampu membantu meningkatkan kondisi mesin yang mengandung 3 kali lebih banyak molekul, sehingga makin minim gesekan antara piston dan dinding silinder.

Kelebihan lain dari Dynaflex ini juga sekaligus membersihkan residu, mulai dari sistem injektor agar pencampuran udara dan bahan bakar tetap optimal. Karbon yang menempel di klep ikut tereduksi dan tumpukan karbon di ruang bakar juga disingkirkan oleh molekul Dynaflex ini.

Shell V-Power beroktan 95 dipastikan mampu menjaga efisiensi mesin seperti yang dirancang oleh manufaktur mesin. Formulasi Dynaflex baru ini diciptakan berdasarkan pengalaman Shell selama lebih dari 100 tahun, dalam bidang penelitian dan pengembangan bahan bakar.

Artikel Asli