Waspada Mobil Terbakar, Perhatikan 6 Hal Ini untuk Mencegahnya

Otomotif | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:04
Waspada Mobil Terbakar, Perhatikan 6 Hal Ini untuk Mencegahnya

JAKARTA - Banyaknya kasus mobil tiba-tiba saja terbakar akhir-akhir ini kerap membuat para pemilik mobil khawatir. Karena kebakaran ini bisa datang secara tiba-tiba, bahkan ketika mobil sedang dikendarai.

Maka dari itu penting untuk megetahui kondisi kendaraan Anda. Faktanya terdapat berbagai faktor penyebab mobil terbakar.

Salah satu yang paling menyeramkan yaitu korsleting arus pendek listrik. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan supaya mobil tetap sehat dan terhindar dari kebakaran.

BACA: Bekas Terbakar, Bugatti Chiron Masih Dijual di harga Rp48,5 Miliar

Berikut 6 langkah mencegah korsleting dan kebakaran di mobil yang dilansir dari Toyota Astra:

1. Cek Ruang Mesin

Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan dengan cara melihat ruang mesin mobil. Perhatikan secara detail apakah terdapat barang yang mudah terbakar seperti kain atau kenebo mobil yang tertinggal saat menyuci kendaraan.

Selain itu periksalah kabel-kabel yang terdapat di dalam ruang mesin. Pastikan kabel dalam keadaan baik. Jika ada kabel yang sobek karena tergigit tikus maka lakukan perbaikan segera.

Sebisa mungkin jangan memperbaiki soal kelistrikan mobil sendiri jika tidak memahami betul. Hal ini mengurangi terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

2. Hindari Memasang Lampu Non Standar

Baiknya disarankan untuk mengindari memakai lampu aftermarket berdaya besar. Sebab hal itu akan menguras aki Anda dan menyebabkan panas berlebih serta dapat berpotensi menyebabkan ledakan kecil memicu terjadi kebakaran.

3. Hindari Meninggalkan Powerbank di Soket Pengisian

Bagi Anda yang pelupa, sebaiknya mulai berhati-hati dari sekarang jika sedang mengisi powerbank dalam mobil. Sebab meletakan powerbank dalam jangka waktu lama dengan kondisi seperti itu akan membuat korsleting pada baterai.

Bahkan yang paling fatal, dapat berpotensi meledak dan menyambar bagian dalam mobil hingga memicu kebakaran besar.

4. Jangan Menyimpan Korek di Dalam Mobil

Untuk pemilik mobil yang suka merokok baiknya perhatikan hal ini mulai dari sekarang. Sebab sangat berbahaya dan berpotensi meledak bila meninggalkan korek di dalam mobil.

Guncangan yang terjadi serta efek suhu yang panas pada siang hari dapat membuat korek gas meledak dan menyebabkan kebakaran besar.

5. Hindari Pasang Aksesories Berlebihan

Ini merupakan pemicu kebakaran mobil yakni pemasangan aksesories yang berlebihan. Sebenarnya sah saja bila menyematkan aksesories pada kendaraan Anda. Namun dengan catatan pemasangan kabelnya harus dilakukan secara rapi dan aman.

Umumnya kerap ditemui mobil terbakar dikarenakan pemasangan kabel yang tidak rapi dan aman yang memicu terjadinya konsleting listrik. Gunakan sekring sebagai pengaman arus listrik.

6. Rajin Servis Berkala

Mobil yang terjaga perawatan servisnya akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu disebabkan karena kondisi mobil selalu dipantau secara berkala.

Jika ada yang tidak baik atau rusaknya komponen yang memicu kebakaran dapat dilakukan penggantian dengan cepat dan tepat. Maka dari itu jangan malas untuk membawa mobil ke bengkel untuk service secara berkala.

Artikel Asli