Beda dengan Pesawat, Ini Fakta Menarik Black Box Mobil yang Bisa Merekam Kecelakaan

Otomotif | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:13
Beda dengan Pesawat, Ini Fakta Menarik Black Box Mobil yang Bisa Merekam Kecelakaan

JAKARTA - Berbeda dengan black box (kotak hitam) pada pesawat, berikut fakta menarik black box mobil yang bisa merekam kecelakaan.

Black box pada mobil memiliki nama berbeda dari yang ada di pesawat. Di mobil komponen tersebut bernama Event Data Recorder (EDR).

Berikut sederet fakta black box pada pesawat dirangkum Okezone:

1. Black box mobil berbeda dengan pesawat

Meskipun memiliki nama yang sama namun kotak hitam kendaraan tidak sama dengan kotak hitam pesawat. Dalam pesawat komersial, kotak hitam sebenarnya terdiri atas dua perangkat terpisah yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR), yang sering digabungkan untuk membentuk satu unit.

CVR dalam pesawat mengharuskan merekam 4 saluran data audio kokpit untuk durasi minimal dua jam. Jika Kotak hitam pada mobil (EDR) di sisi lain, berfungsi untuk menyimpan data ke memori flash biasanya di modul kontrol airbag kendaraan (ACM).

Fungsi utama ACM adalah untuk merekam data crash sebagai perangkat keselamatan. Perekaman data tabrakan EDR mobil sebenarnya mirip dengan FDR pesawat dalam hal merekam informasi berharga tentang kendaraan pada saat-saat sebelum tabrakan. Namun pembedanya ialah EDR pada mobil tidak bisa merekam audio seperti yang terdapat di pesawat.

2. Black box mencatat data

EDR telah dipasang secara gratis oleh banyak produsen kendaraan sejak awal 2002. Namun, spesifikasi data yang direkam (jumlah dan jenis data) bervariasi tergantung pada produsen.

Pada peraturan ini parameter yang penting ditampilkan, meliputi Delta-V lateral dan longitudinal (perubahan kecepatan), Kecepatan Indikasi Kendaraan, Persentase Throttle Mesin, Status Rem (Hidup/Mati), Siklus Pengapian, Kecelakaan, Siklus Pengapian, Unduh, Status Keselamatan Terbaik, dan Pengemudi.

Artikel Asli