Alasan Toyota Memilih Kembangkan Hybrid Electric Vehicle untuk Dipasarkan

Otomotif | kabaroto.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 11:29
Alasan Toyota Memilih Kembangkan Hybrid Electric Vehicle untuk Dipasarkan

KabarOto.com - Toyota di Indonesia sudah memastikan, mulai tahun depan mereka akan memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Produksi akan dimulai dengan teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Pengembangan mobil tersebut disesuaikan dengan upaya Toyota mendukung program kebijakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) pemerintah RI melalui Perpres 55/2019.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengungkapkan alasan memilih HEV untuk menjadi produk yang akan dipasarkan. Hal itu menurut dia, tidak lepas dari kemampuan daya serap masyarakat.

"Berdasarkan data penjualan, sejauh ini Toyota sudah menjual 5.000 unit kendaraan elektrifikasi dan mostly adalah hybrid," terang Henry di booth Toyota, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) belum lama ini. Itu alasan yang mendasari mereka mulai dengan HEV.

Hybrid Toyota

Pria berkacamata ini juga memaparkan, setelah dilakukan pengujian, mobil hybrid bisa mengurangi tingkat emisi sampai 40 persen dibanding mobil konvensional. Masyarakat juga tidak membutuhkan penyesuaian, karena masih menggunakan BBM sebagai sumber daya utama dan mesin baterai untuk energi cadangan.

Karena, saat ini infrastruktur untuk pengisian baterai kendaraan listrik murni masih belum menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia. "Kita berkomitmen akan terus support pemerintah terutama bagaimana mengurangi tingkat emisi secepat mungkin," kata Henry.

Meski begitu, Henry tak menampik jika Battery electric vehicle (BEV) merupakan hal yang sangat penting. "Tetapi, untuk mengakselerasi tingkat emisi maka kita kenalkan PHEV karena 70 persen emission reduction dan HEV 40 persen emission reduction," terang Henry di hadapan media.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN) Warih Andang Tjahjono, di kesempatan yang sama menambahkan, Toyta akan terus perkenalkan mobil listrik yang lengkap kepada masyarakat Indonesia.

Artikel Asli