Inilah Detail Pesawat Listrik tercepat Bikinan Rolls-Royce

Otomotif | sindonews | Published at Kamis, 25 November 2021 - 07:59
Inilah Detail Pesawat Listrik tercepat Bikinan Rolls-Royce

LONDON - Bergerak cepat dari perusahaan otomotif mana pun, produsen mobil mewah Rolls-Royce telah membuat langkah mengesankan dengan inovasi penerbangan terbarunya,dengan menghadirkan pesawat listrik tercepat di dunia.

Seperti dilansir dari Daily Mail Rabu (24/11/2021), pesawat Spirit of Innovation mencetak rekror baru dengan mencapai kecepatan maksimum 623,4 kilometer per jam (km/jam) dalam uji terbang yang berlangsung selama 11 menit.

Kecepatan yang dicatatkan lebih cepat 212,4 km/jam dari rekor yang dibuat pesawat Extra 330 LE Aerobatic oleh Siemens eAircraft pada tahun 2017.

Selain itu, pesawat listrik ini juga mencapai kecepatan 531 km/jam dalam uji terbang sejauh 15 km.

Kecepatannya lebih cepat 292,9 km/jam dari rekor sebelumnya, memecahkan waktu tercepat untuk terbang di ketinggian 3.000 meter dalam 60 detik.

Saat ini, data tersebut telah diserahkan ke Federation Aeronautique Internationale untuk diverifikasi.

Menurut Rolls-Royce, pesawat Spirit of Innovation kini mampu terbang lebih dari 30 menit hanya dengan sekali pengisian daya.

Perusahaan juga berharap dapat mengembangkan pesawat yang mampu terbang 160,9 km dengan sekali pengisian daya di masa depan.

Uji terbang tersebut digelar di lokasi percobaan pesawat Boscombe Down di Kementerian Pertahanan Inggris Raya (UK) pada 16 November lalu.

Selama uji terbang, pesawat itu dikemudikan oleh Direktur Operasi Penerbangan Rolls-Royce, Phil O'Dell.

Pesawat Spirit of Innovation didukung oleh jaringan listrik 400 kilowatt dan kapasitas baterai besar yang berisi 6.480 sel.

Artikel Asli