Ini Spesifikasi Mobil Listrik R-One (R1) Karya Siswa SMK 3 Mataram di IEMS 2021

Otomotif | kabaroto.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 07:36
Ini Spesifikasi Mobil Listrik R-One (R1) Karya Siswa SMK 3 Mataram di IEMS 2021

KabarOto.com - Millenial di Indonesia bisa dikatakan banyak yang kreatif dan visioner, hal itu bisa dilihat di gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang banyak menunjukkan hasil karya mereka lewat kendaraan listrik.

Contohnya saja di booth Smekti Mataram atau SMK 3 Mataram yang memajang mobil formula bermesin listrik hasil karya mereka yang berkolaborasi dengan PLN lewat program dana CSR unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara.

Mobil kategori E-Formula ini merupakan mobil listrik kedua ciptaan mereka setelah sebelumnya sempat membuat mobil listrik alat angkut tradisional bernama Dolis Cidomo.

"Mobil Formula ini punya tenaga dari motor listrik sebesar 5 kW, sedangkan baterainya 100 Ampere dengan tegangan 72 volt," beber I Gde yang merupakan salah satu siswa pembuat mobil ini ketika diwawancarai KabarOto (24/11).

Mobil formula bernama R-One (R1) ini ia klaim selesai lebih cepat dari tenggat waktu yang ditargetkan di awal. "Jadi targetnya selesai dalam waktu 5 bulan, namun kami bersyukur bisa lebih cepat selesai dalam 4 bulan," imbuhnya.

Ia membeberkan, R-One ini merupakan proyek siswa Smekti yang dibantu para alumni untuk pengerjaannya, seperti powertrain, sasis tubular, dan suspensi, "Ini penggerak roda depan, dan alasan kita pakai transmisi manual karena di Lombok relatif sulit mendapatkan spare part transmisi matik," tutupnya.

Wah, Indonesia patut bangga, nih! Mobil yang klaimnya baru jadi sekitar 1 minggu ini makin memperkaya kompetisi Tanah Air dalam elektrifikasi.

Artikel Asli