Keren, Mobil Proton Diubah Jadi Mitsubishi EVO III Pikap

Otomotif | sindonews | Published at Kamis, 25 November 2021 - 07:15
Keren, Mobil Proton Diubah Jadi Mitsubishi EVO III Pikap

INGGRIS - Origin Automotive, rumah modifikasi di Inggris, mengubah mobil Proton menjadi mobil yang istimewa yakni Mitsubishi EVO III Pikap. Hal itu diketahui setelah Origin Automotive mengunggah beberapa foto mobil modifikasi itu ke akun Facebook resmi mereka.

Dalam unggahan itu, Origin Automotive mengatakan basis mobil yang digunakan adalah sebuah mobil buatan Malaysia bernama Proton Jumpbuck. Di beberapa negara lainnya seperti Australia dan Malaysia mobil itu juga dikenal sebagai Proton Arena.

Aslinya Proton Jumpbuck atau Proton Arena adalah pengembangan dari mobil sedan Proton Wira. Saat itu Proton melihat adanya permintaan yang cukup besar akan mobil pikap berbasis sedan. Dari situlah mereka kemudian mengubah mobil yang juga pernah dijual di Indonesia itu dari sedan ke pikap.

Bagi Origin Automotive mobil itu justru punya peluang untuk dibuat lebih berbeda lagi. Pasalnya Proton Jumpbuck ternyata berbagi platform dengan mobil Mitsubishi Lancer tahun 1991. Diketahui saat mengembangkan mobil nasional buat Malaysia, Proton memang mengadakan kerja sama dengan Mitsubishi.

Tidak hanya platform, Proton Jumpbuck juga menggunakan mesin dari Mitsubishi Lancer yakni mesin 4 silinder 4G15. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 90 daya kuda.

Peluang itulah yang kemudian coba dimanfaatkan oleh Orion Automotive. Mereka merombak habis desain mobil itu menjadi sebuah Mitsubishi Evolution III. Hanya saja agar tampil beda mereka tetap mempertahankan bagian belakang pikap berupa bagasi terbuka.

Setelah merombak desain mobil, mereka juga mengganti jantung mekanis Proton Jumpback. Tentunya itu dilakukan agar sesuai dengan tongkrongan baru mobil itu yang semakin sporty. Origin Automotive memilih mesin mesin 4G93P yang digunakan oleh Mitsubishi Evolution III GSR. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 138 daya kuda.

Dalam proses pembuatan Origin Automotive, dikutip The Drive, mengaku beruntung dengan ketersediaan body part dan sparepart Mitsubishi yang sangat melimpah. Jadi seluruh body kit, mesin dan juga perlengkapan lainnya bisa dengan mudah didapatkan.

Tampilan mobil itu kini jadi menarik. Desain pikap yang unik membuat mobil itu tampil istimewa. Hanya saja agar jangan ada salah sangka, Origin Automotive membuat plat nomor khusus yakni EVO03 NOT. Jadi mobil itu bukan pikap Mitsubishi Evolution III yang asli. Hanya sebuah mobil Proton buatan Malaysia.

Artikel Asli